Sebanyak 22 Sumur Bor Dibangun di Kalimantan Timur

Kementerian ESDM secara resmi menyerahkan dua buah sumur bor yang baru rampung dikerjakan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
Sebanyak 22 Sumur Bor Dibangun di Kalimantan Timur
Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana saat menyerahkan dua sumur bor di Kutai Kartanegera/ ESDM

Kutai Kartanegara, Nusantaratv.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menyerahkan dua sumur bor untuk daerah sulit air di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa (8/10/2019). 

Sumur bor tersebut merupakan program bantuan Kementerian ESDM tahun anggaran 2019, dimana di tahun 2019 direncanakan akan dibangun sebanyak 22 unit sumur bor air bersih untuk Kalimantan Timur, mengingat kondisi alam provinsi tersebut memiliki wilayah-wilayah yang kesulitan mendapatkan air bersih.

Baca Juga: Pemerintah Salurkan Air Bersih Ke 27 Ribu Warga Boyolali

"Pada tahun anggaran 2019 ini, Kementerian ESDM menganggarkan sebanyak 650 unit sumur bor, untuk Provinsi Kalimantan Timur direncanakan sebanyak 22 unit dan Kabupaten Kutai Kartanegara direncanakan sebanyak 3 unit, 2 unit diserahkan hari ini yakni di Desa Bukit Raya, Kecamatan Tenggarong Seberang dan Desa Giri Agung, Kecamatan Sebulu, sementara satu unit lainnya ada di Desa Sambera Baru, Kecamatan Marang Kayu," ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana.

Sumur bor air di Desa Bukit Raya ini memiliki kedalaman hingga 125 meter, debit air rata-rata 1,69 liter/detik serta mampu melayani kebutuhan air bersih sampai dengan 2.432 jiwa. Sejak tahun 2011 sampai dengan tahun 2018, telah dibangun 59 unit sumur bor air di Kalimantan Timur.

Rida mengatakan pembangunan sumur bor untuk Kabupaten Kutai Kartanegara sendiri baru dimulai pada tahun 2015, dan sampai dengan akhir 2018 telah terbangun sebanyak 9 unit sumur bor. 

"Dengan kapasitas debit mencapai 479.347 m3 per tahun, 9 unit sumur bor ini mampu melayani sekitar 21.888 jiwa penduduk," kata Rida.