KPMT Dorong Pemanfaatan Potensi Energi Terbarukan Lewat MAB

KMPT hadirkan Mobil Anak Bangsa (MAB) sebagai bentuk pemanfaatan energi terbarukan
KPMT Dorong Pemanfaatan Potensi Energi Terbarukan Lewat MAB
Komunitas Pengusaha Muslim Trisakti (KPMT)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pemerintah menargetkan bauran energi terbarukan pada tahun 2025 mendatang mencapai 23%. Namun hal ini tak mudah, lantaran selama ini pemanfaatannya masih terbilang kecil, padahal potensi energi terbarukan di Indonesia melimpah.

Pemanfaatan energi terbarukan ini menjadi pokok utama pembahasan dalam diskusi Bincang Bisnis Energi 2 bertajuk “Memaksimalkan Potensi Energi Terbarukan dalam Ketahanan Energi Nasional”.  Diskusi digelar oleh Komunitas Pengusaha Muslim Trisakti (KPMT) di balroom Bank Syariah Mandiri, Jakarta, Sabtu (13/7/2019).

Sebagai pembicara utama Wakil Menteri (Wamen) Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar.

Dalam diskusi, Arcandra mendorong para alumni Trisakti untuk benar-benar mampu memanfaatkan potensi energi terbarukan yang saat ini diperlukan.

Arcandra juga mengapreasi kehadiran Mobil Anak Bangsa (MAB) buatan para alumni Trisakti. MAB sendiri merupakan bis penumpang berbahan bakar listrik. Saat ini MAB sudah dipakai sebagai kendaraan bandara oleh maskapai Garuda Indonesia.

"Kita bikin bis listrik bukan mobil. Kenapa bis? Karena daya angkutnya besar. Bis sekrang sedang dicoba di sebagai angkutan bandara oleh Maskapai Garuda Indonesia. Tadi didorong sama Wamen serta Dirjen untuk dicoba di daerah daerah khususnya daerah wisata." ujar Ketum KPMT Pramono Dewo.

Pramono menambahkan kalau ini juga didorong oleh kebijakan pemerintah maka ini jadi solusi alternatif energi Indonesia kelak.

"KPMT berharap adanya dorongan yang kuat dari Kementerian ESDM agar mobil anak bangsa yang semuanya adalah produksi dalam negeri ini bisa diproduksi massal." imbuh Pramono.

Terkait kehadiran MAB, KMPT sendiri sudah mencapai kesepakatan tahap bisnis to bisnis bersama Kementerian ESDM.

"Kami KPMT diminta pak Arcandra tadi untuk membuat skema bisnis agar bis listrik diuji coba di Kementerian ESDM. Minggu depan kami menghadap pak Menteri. Kebetulan Kementerian ESDM juga sudah memiliki charger untuk baterai MAB. Ini yang kami tunggu. Karena ini yang akan jadi model di lembaga pemerintahan lain setelah itu baru ke publik." tutup Pramono.

Usai diskusi, Arcandra Tahar bersama jajaran KPMT menjajal MAB dengan rute di jalan MH. Thamrin.

Bincang Bisnis Energi ini merupakan Acara Seminar Talk Show  yang diselenggarakan setahun sekali dan menjadi Agenda rutin Trisakti Tekun Sabar, Unit Usaha Inkubasi Komunitas Pengusaha Muslim Trisakti yang bergerak dibidang Energi dan Pertambangan.

Melalui Bincang Bisnis Energi, Trisakti Tekun Sabar bermaksud memaksimalkan pemanfaatan potensi Energi Terbarukan dimana sharing, business talk dan diskusi-diskusi rutin dilaksanakan untuk mendapatkan informasi-informasi yang update mengenai Energi Terbarukan mulai dari hulu sampai hilir, sehingga sinergi dapat terlaksana dengan baik.

"Semoga dengan diskusi bersama Pak Wamen akan menambah animo teman-teman untuk bergairah meningkatkan usaha mereka yang tadinya mungkin lesu, sekarang jadi ngotot lagi" kata Ketua Panitia Sonny Vitriandy Radja.