Biodiesel Goes to Campus UPN Yogyakarta

Kementerian ESDM menggelar sosialisasi biodiesel di Universitas Pembangaun Nasional, Yogyakarta.
Biodiesel Goes to Campus UPN Yogyakarta
Kegiatan sosialisasi biodiesel di kampus UPN, Yogyakarta/ ESDM

Yogyakarta, Nusantaratv.com - Menggandeng BPDPKS, Kementerian ESDM mengajak civitas akademika di Kota Yogyakarta dan sekitarnya untuk semakin memahami peran biodiesel sebagai salah satu bahan bakar alternatif masa depan.

Tercatat lebih dari 150 mahasiswa hadir pada gelaran bertajuk Biodiesel Goes to Campus yang diselenggarakan di Fakultas Teknologi Mineral Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Selasa (10/9/2019). 

Kasubdit Keteknikan dan Lingkungan Bioenergi Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Efendi Manurung menyebut, kendaraan yang diikusertakan dalam road test B30 terdapat tujuh merek kendaraan dengan beragam variasi dan kelas kendaraan. 

Baca juga: Uji Jalan B30 Sudah Mencapai Capai 80%

"Hasil road test B30 sampai saat ini menunjukkan tidak ada perbedaan kinerja signifikan pada daya kendaraan dan fuel economy ketika kendaraan menggunakan bahan bakar B30 dan B20, uji start ability dan presipitasi juga menunjukan hasil yang bagus dan memenuhi rekomendasi OEM," ujar Efendi.

Efendi mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengusulkan revisi SNI 7182 B100 untuk spesifikasi pencampuran B30 ini. "Ada poin penting, salah satunya kandungan monogliserida yang pada Road Test di Dieng hasilnya 0,55. Standar SNI sebelumnya 0,8 kita usulkan menjadi 0,4 untuk start ability yang lebih baik," ungkap Efendi.

Sementara itu, Efendi juga menegaskan bahwa B30 ini merupakan tonggak pengembangan energi terbarukan di Indonesia, "Kita tetap mau impor BBM dari luar negeri apa mau menggunakan B30 yang juga menyerap produksi sawit dalam negeri? Itu pilihannya," tutup Efendi.