Antisipasi Pelemahan Global, Pemerintah Pacu Pasar Domestik

Guna Mengantisipasi Terjadinya Penurunan Pemintaan Global, Menperin: Pemerintah Pacu Pasar Domestik
Rayza Nirwan - Ekonomi,Selasa, 30-06-2020 14:28 WIB
Antisipasi Pelemahan Global, Pemerintah Pacu Pasar Domestik
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat meninjau produk dalam negeri/ Kemenperin

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menekankan pentingnya antisipasi terhadap kondisi Ekonomi Global yang kian dinamis, terutama akibat dampak pandemi Covid-19.

"Penting bagi kita untuk segera menyiasatinya, seperti turunnya permintaan global terhadap produk-produk industri manufaktur," ujar Menperin di Jakarta, (28/6/2020).

Baca Juga: Pentingnya Pasokan Energi dalam Pemulihan Ekonomi Global

Guna menghadapi tantangan tersebut, pemerintah berupaya membangun permintaan pasar di dalam negeri, sehingga dapat meningkatkan penyerapan produk lokal.

Salah satu langkah stretegis yang dijalankan adalah menerapkan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) untuk memastikan belanja kementerian, lembaga, termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar bisa memprioritaskan pada produk nasional.

"Sangat penting untuk melindungi pasar dalam negeri dari serbuan produk impor. Selain itu, pada tahun 2022, kami berupaya untuk mewujudkan substitusi impor sebesar 35% untuk mendorong kemandirian industri nasional," kata Menperin.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0