Soal Polemik Huawei, Inggris Akhirnya Bela AS

Huawei sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya telah menerima izin perencanaan untuk membangun fasilitas penelitian dan pengembangan...
Sarah Fiba - Dunia,Selasa, 30-06-2020 16:59 WIB
Soal Polemik Huawei, Inggris Akhirnya Bela AS
(Reuters)

Nusantaratv.com- Inggris pada akhirnya harus memihak Amerika Serikat ketika ada dalam keputusan tentang memungkinkan China Huawei Technologies berperan dalam jaringan 5G-nya, kata mantan perdana menteri Tony Blair, Kamis (25/6/20).

Pejabat Inggris saat ini sedang meninjau cara terbaik untuk menggunakan peralatan Huawei dengan aman di jaringan 5G negara itu, setelah memberi perusahaan Cina peran terbatas pada Januari.

Ditanya tentang Huawei pada acara Reuters Newsmaker, Mr Blair mengatakan: "Saya pikir kita perlu melakukan panggilan dan saya pikir itu harus menjadi pro-AS pada akhirnya."

Blair mengatakan bahwa salah satu masalah adalah infrastruktur Huawei jauh lebih murah daripada alternatif.

"Salah satu hal luar biasa tentang 5G adalah bahwa Barat telah memungkinkan keunggulan ini, keunggulan ini diperoleh," kata Blair. 

"Sangat sulit bagi kita untuk tidak bersama AS dalam hal apa pun yang menyentuh keamanan AS."

Huawei Technologies China sebelumnya mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya telah menerima izin perencanaan untuk membangun fasilitas penelitian dan pengembangan 1 miliar pound (S $ 1,73 miliar) di Inggris.

Fasilitas ini akan mempekerjakan sekitar 400 orang dan fokus pada produksi perangkat optik untuk digunakan dalam sistem komunikasi serat optik, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

"Inggris adalah rumah bagi pasar yang dinamis dan terbuka, serta beberapa talenta terbaik yang ditawarkan dunia," kata wakil presiden Huawei Victor Zhang.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0