Duh! WHO Prediksi Pandemi Corona Berakhir Awal 2022

Pandemi Virus Corona Akan Dengan Mudah Dikelola Dibandingkan 2020.

Pandemi corona kemungkinan berakhir awal 2022. (Getty Images)

Nusantaratv.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprakirakan pandemi virus corona (Covid-19) akan berakhir pada awal 2022. Hal itu disampaikan Direktur Regional WHO untuk Eropa, Hans Kluge.

Dia mengatakan Covid-19 masih akan menyebar di 2021. Kendati demikian, dalam wawancara dengan radio Denmark DR, Kluge menyebut corona akan dengan mudah dikelola dibandingkan 2020. 

Ditambahkannya, jika skenario terburuk saat ini telah berakhir. "Akan lebih banyak informasi mengenai virus tahun ini dibandingkan pada 2020, ketika pertama kali menyebar," ujar Kluge, dikutip dari Kantor Berita Turki Anadolu Agency, Selasa (23/2/2021).

Kendati dia menyebut tak bisa meramal pasti masa depan pandemi Covid-19, namun pembatasan tidak lagi diperlukan. "Ini pesan optimis," lanjutnya.

Bicara mutasi corona yang kini menyebar, dia menyebut jika mutasi merupakan hal normal. Virus, jelas Kluge, mencoba beradaptasi dengan orang yang terinfeksi, tapi memang penyebaran mutasi yang cepat menjadi perhatian WHO.

WHO, sebut dia, sedang memantau dengan cermat efektivitas vaksin, dan kemungkinan mengubah vaksin jika perlu.

Kluge juga meyakinkan mutasi tidak akan membuat virus di luar kendali. Tapi, perlu dicatat, negara-negara yang sistem perawatan kesehatannya sudah di bawah tekanan bisa saja berada dalam masalah lebih besar.

"Masalah terbesar akan muncul ketika mereka yang telah divaksinasi berada di lingkungan yang sama dengan yang tidak, sehingga penjadwalan menjadi faktor yang sangat penting," tukas Kluge.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK