Sembilan Negara Hadir Jadi Peserta Asian Music Games di Jember 

Nusantaratv.com - 21/09/2023 20:14

Bupati Jember Hendy Siswanto (tengah) bersama Presiden AMBC Sehat Kurniawan Saiman saat konferensi pers di Pendapa Wahyawibawagraha Jember, Kamis (21/9/2023). ANTARA/Zumrotun Solichah
Bupati Jember Hendy Siswanto (tengah) bersama Presiden AMBC Sehat Kurniawan Saiman saat konferensi pers di Pendapa Wahyawibawagraha Jember, Kamis (21/9/2023). ANTARA/Zumrotun Solichah

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Presiden Asian Marching Band Confederation (AMBC) Sehat Kurniawan Saiman mengatakan sebanyak sembilan negara dipastikan hadir menjadi peserta Asian Music Games (AMG) perdana yang digelar di Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada 22-24 September 2023.

"Yang sudah memberikan konfirmasi hadir dalam kompetisi AMG 2023 di Jember sebanyak sembilan negara yakni Filipina, Thailand, Malaysia, Jepang, Taiwan, Cina, Singapura, Vietnam, dan tentunya tuan rumah Indonesia," katanya dalam konferensi pers Asian Music Games di Pendapa Wahyawibawagraha Jember, Kamis.

Menurutnya, AMG merupakan kompetisi marching band pertama kali yang digelar di tingkat Asia dan kompetisi itu akan digelar setiap dua tahun sekali sesuai dengan kesepakatan anggota AMBC yang terdiri dari 18 negara di Asia dan sekitarnya.

"Pemilihan Kabupaten Jember sebagai lokasi Asian Music Games 2023 melalui beberapa kali pertemuan dengan beberapa negara. Jember pengalaman menggelar kegiatan bertaraf internasional dan fasilitasnya memadai," tuturnya.

AMG perdana yang digelar di Jember itu diikuti oleh 35 tim beregu (grup) dan terdapat lima kategori perlombaan dalam AMG 2023, yakni music battle yang akan digelar di Alun-alun Jember, Marching Show Band digelar di GOR PKPSO, Concert Band di GOR PKPSO, Individual di GOR PKPSO, dan International Culture Street Parade dari alun-alun hingga Jalan Gajahmada.

Sementara Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan Pemkab Jember sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari untuk kegiatan AMG 2023, bahkan beberapa negara sempat hadir di Jember saat sotf launching kegiatan marching band internasional itu.

"Tentu menjadi kebanggaan bagi warga Jember dengan kegiatan Asian Music Games yang dihadiri beberapa negara Asia karena kompetisi marching band internasional itu baru pertama kali digelar di Asia dan Jember menjadi tuan rumah," katanya.

Dengan adanya kegiatan internasional itu maka efek ganda (multiplier effect) dari segi ekonomi sangat berdampak luar biasa dan terbukti okupansi beberapa hotel di Jember meningkat karena ditempati para delegasi marching band baik dari beberapa negara maupun Indonesia dari luar Jember.

"Tidak hanya itu, para delegasi juga sudah memesan produk UMKM Jember, bahkan sudah siap berkeliling wisata di beberapa titik lokasi yang ditawarkan melalui booklet paket wisata," ujarnya.(Ant)

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in