Pemasok OLED Apple Dikabarkan Siap Buka Pabrik di Vietnam

Nusantaratv.com - 31/03/2023 09:59

Keputusan BOE untuk mendirikan pabrik modul layar di Bac Ninh dikabarkan atas permintaan Apple. (Gizmochina)
Keputusan BOE untuk mendirikan pabrik modul layar di Bac Ninh dikabarkan atas permintaan Apple. (Gizmochina)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Laporan rantai pasokan baru-baru ini dari Korea mengungkapkan, perusahaan asal China BOE akan mendirikan pabrik modul layar baru di Vietnam.

Melansir Gizmochina, Jumat (31/3/2023), langkah itu sebagai respons atas permintaan Apple yang terus meningkat untuk layar OLED dan LCD berukuran kecil dan menengah. Kabar ini muncul setelah Reuters awalnya melaporkan rencana BOE untuk mendirikan pabrik di Vietnam utara awal tahun ini. 

Pabrik modul layar di Bac Ninh akan fokus pada produksi berbagai modul layar berukuran kecil dan menengah, seperti light-emitting diode (OLED) dan liquid crystal display (LCD). Modul-modul ini akan dipasok terutama ke Apple, dengan pabrik diperkirakan beroperasi penuh pada 2025.

Proses modul, yang melibatkan penggabungan masing-masing bagian untuk membuat panel fungsional, merupakan bagian penting dari proses pembuatan layar. Setelah proses modul selesai pada produk setengah jadi panel, modul layar yang dapat digabungkan dengan produk jadi dibuat.

Keputusan BOE untuk mendirikan pabrik modul layar di Bac Ninh dikabarkan atas permintaan Apple. Langkah ini akan memfasilitasi audit pabrik pemasok panel Apple, karena raksasa teknologi itu tidak perlu lagi mengunjungi Vietnam dan China untuk memverifikasi lini modul pasca-pemrosesan OLED iPhone. 

Selain itu, pemasok peralatan pemeriksaan yang diperlukan untuk pasca-pemrosesan akan dapat merespons lebih cepat jika BOE membangun pabriknya di Bac Ninh.

Dalam jangka pendek, BOE terutama akan memasok layar OLED untuk iPhone SE4, yang diperkirakan akan mengimplementasikan teknologi OLED untuk pertama kalinya tahun depan. 

Layar OLED 6,1 inci untuk iPhone SE4 diproyeksikan akan ditawarkan dengan harga kompetitif sekitar US$40, memberi BOE peluang untuk meningkatkan produksi panel.

Pendirian pabrik baru BOE di Bac Ninh tidak hanya akan merampingkan audit pabrik pemasok panel Apple tetapi juga memperkuat rantai pasokan untuk produk layar berukuran kecil dan menengah Apple. 

Akibatnya, kedua perusahaan memperoleh manfaat dari kolaborasi ini, yang kemungkinan besar akan berkontribusi pada pertumbuhan dan kemajuan teknologi layar di tahun-tahun mendatang.

Dengan memperluas kehadirannya di Vietnam utara, BOE akan semakin memantapkan posisinya sebagai pemasok utama untuk Apple, sekaligus meningkatkan kemampuan ekonomi dan teknologi kawasan itu. 

Karena pabrik akan mulai beroperasi pada 2025, ini menandai tonggak penting dalam kemitraan berkelanjutan antara BOE dan Apple, karena mereka terus berinovasi dan mengembangkan teknologi layar mutakhir untuk konsumen di seluruh dunia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in