Klenteng Kong Miao TMII hanya Agendakan Sembahyang pada Imlek 2023

Nusantaratv.com - 22/01/2023 14:15

Umat Khonghucu tengah melakukan sembahyang dalam perayaan Tahun Baru Imlek 2023 di Klenteng Kong Miao, TMII, Jakarta Timur, Minggu (22/1/2023). ANTARA/Syaiful Hakim
Umat Khonghucu tengah melakukan sembahyang dalam perayaan Tahun Baru Imlek 2023 di Klenteng Kong Miao, TMII, Jakarta Timur, Minggu (22/1/2023). ANTARA/Syaiful Hakim

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Klenteng Kong Miao di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) hanya mengagendakan kegiatan sembahyang pada perayaan Tahun Baru Imlek 2023 meski pemerintah telah mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).
 
"Dari pimpinan tertinggi kami memang masih mengimbau untuk membatasi kegiatan walaupun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah dicabut. Kegiatan lebih terpusat pada sembahyang saja," kata rohaniwan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) Wenshi Vekky Mongkareng usai melaksanakan sembahyang di Klenteng Kong Miao TMII, Jakarta Timur, Minggu.
 
Menurut dia, selama pandemi COVID-19 perayaan Tahun Baru Imlek tidak semeriah empat tahun sebelumnya.
"Terus terang saja tahun ini dan tiga tahun belakangan kegiatan  memang sangat terbatas. Dulu ada atraksi barongsai, ada pertemuan dengan tokoh lintas agama, dan pertemuan dengan pemerintah," kata Vekky.
 
Dalam perayaan Tahun Baru China itu, dia berharap umat Khonghucu dapat meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
 
"Apalagi menjelang tahun politik nanti, saya harap situasi aman sentosa dan pelaksanaan pemilu berjalan dengan baik," tuturnya.
 
Pantauan Antara di lapangan, tak banyak umat Khonghucu yang melaksanakan ibadah di Klenteng Kong Miao itu dalam menyambut Tahun Baru Imlek.
 
Selain itu, tak jarang pengunjung TMII yang berswafoto untuk mengabadikan gambarnya di depan klenteng tersebut.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
air-1675232959
Ilustrasi - anak yang mengalami trauma (ANTARA/Pexels)-1675221317