Ini Kandungan Kurma yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Nusantaratv.com - 21/03/2023 17:59

Ilustrasi, makan buah kurma (net)
Ilustrasi, makan buah kurma (net)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Konsumsi buah-buahan merupakan solusi memenuhi kebutuhan serat tubuh. Selain itu buah-buahan juga mengandung vitamin, mineral, dan zat penting lainnya yang berguna untuk tubuh. 

Di bulan ramadhan kurma menjadi sajian khas yang disajikan di bulan ramadhan. Lalu, apa saja kandungan yang terdapat dalam buah kurma? Dan apa manfaatnya bagi kesehatan?

Buah ini memiliki kandungan serat makanan yang baik. Tergantung pada varietas dan tahap kematangannya, sekitar 6,4% hingga 11,5% kandungan kurma terdiri dari serat, terutama jenis yang tidak larut.

Makanan yang kaya akan kandungan serat tidak larut dapat membantu memadatkan feses dan melancarkan pencernaan.

Dengan kata lain, makan makanan berserat setiap hari (sekitar 25-30 gram/ hari) dapat menghindarkan kita dari masalah diare dan sembelit.

Di sisi lain, kandungan fenolik tinggi dalam buah ini membantu membersihkan usus sehingga berpotensi menurunkan risiko terkena kanker usus.

Tak hanya itu, buah kurma dapat menjadi pilihan alami dalam memelihara mukosa lambung ketika menjalankan ibadah puasa. Kurma memiliki sifat antiradang dan protektif, sehingga menjaga lambung tetap sehat selama Ramadan.

Kandungan Buah Kurma
Menurut U.S Department of Agriculture, dalam 100 g buah kurma mengandung kalsium sebanyak 64 mg, vitamin A sebesar 149 IU, magnesium sebanyak 54 mg, dan kalium sebanyak 696 mg, serta merupakan sumber serat yang baik.

Selain itu, menurut jurnal Saudi Society of Agricultural Sciences, buah kurma mengandung komponen yang dapat mengurangi radikal bebas dan juga mengandung senyawa yang menghambat produksi hormon penyebab peradangan sehingga mampu menghambat pertumbuhan sel tumor pada manusia.

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan
Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Sultan Qaboos Oman juga menyebutkan bahwa buah kurma memiliki nilai gizi tinggi. Hal ini karena tingginya kandungan betakaroten dan lutein di dalam buah kurma.

Buah kurma memiliki efek meningkatkan kesehatan seperti mencegah penyakit jantung koroner dan mengandung hepatoprotektor (senyawa yang dapat melindungi hati dari kerusakan), dan antiinflamasi.

Selain itu buah kurma juga mengandung senyawa antikanker bermanfaat untuk mencegah aneka jenis kanker. Sering mengkonsumsi buah kurma kering dapat mengurangi tingkat kejadian kanker payudara, multiplisitas tumor, ukuran tumor, dan berat badan.  Buah ini dinilai memberikan manfaat kesehatan yang tinggi melebihi nilai gizinya.

Buah kurma memiliki kandungan gula yang lebih sedikit dibandingkan makanan yang diolah dengan tambahan gula. Sehingga buah kurma merupakan buah yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa untuk mengurangi asupan gula berlebih pada tubuh.

Itulah beberapa manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh yang dikutip dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat!

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in