Hamilton, Verstappen Berpotensi Salip Rekor Schumacher Pada 2023

Nusantaratv.com - 21/01/2023 09:40

Pebalap tim Red Bull Racing Max Verstappen (kedua kanan) dan Sergio Perez (kanan) dan pebalap Mercedes Lewis Hamilton (kiri) melambaikan tangan di podium balapan Formula 1 di Meksiko, Minggu waktu setempat (30/10/2022). HO/Formula1-Red Bull Racing
Pebalap tim Red Bull Racing Max Verstappen (kedua kanan) dan Sergio Perez (kanan) dan pebalap Mercedes Lewis Hamilton (kiri) melambaikan tangan di podium balapan Formula 1 di Meksiko, Minggu waktu setempat (30/10/2022). HO/Formula1-Red Bull Racing

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Dua pebalap Formula 1 seperti Lewis Hamilton dan Max Verstappen berpotensi untuk menyalip rekor-rekor Michael Schumacher di ajang adu cepat itu pada musim 2023 ini.

Berdasarkan data dari laman resmi F1, baik Schumacher dan Hamilton masing-masing memiliki tujuh gelar kemenangan di kejuaraan. Hamilton, yang melaju bersama Tim F1 Mercedes-AMG Petronas, hanya membutuhkan satu pencapaian lagi untuk memecahkan rekor tersebut.

Lebih lanjut, rekor lain yang kemungkinan bisa diraih oleh Hamilton dari Schumacher adalah hattrick terbanyak. Saat ini, Hamilton berada di 19 poin, sementara legenda F1 dari Jerman itu memiliki 22 poin sepanjang kariernya.

Tak hanya itu, Hamilton dengan pencapaian enam Grand Slam, juga bisa saja memboyong rekor Grand Slam terbanyak dari Jim Clark, yang sudah meraih delapan selama kariernya.

Pebalap asal Inggris tersebut pun hanya membutuhkan satu kemenangan lagi di Grand Prix Inggris atau Hungaria untuk memecahkan rekor Schumarcher sebagai pemegang kemenangan terbanyak di Grand Prix yang sama. Sang legenda yang kini berusia 54 tahun itu memiliki delapan kemenangan Grand Prix Prancis.

Hamilton juga dinilai bisa mematahkan rekor pole position terbanyak di Grand Prix yang sama, yang masih dipegang oleh Schumarcher dan Ayrton Senna dengan perolehan masing-masing delapan pole.

Di sisi lain, Verstappen berpotensi untuk menyusul rekor Schumarcher lainnya yakni memimpin kejuaraan Grand Prix secara beruntun. Schumarcher meraih 37 putaran berturut-turut dari Grand Prix Amerika Serikat 2000 ke Grand Prix Jepang 2002. Sementara, Verstappen telah memimpin kejuaraan selama 17 putaran secara beruntun.

Ia juga dinilai dapat melampaui rekor poin terbanyak dalam satu musim. Dengan penampilan yang dominan, hal itu bisa saja terjadi, mengingat ada 23 balapan lagi di musim ini, ditambah enam Sprint pada 2023.

Pebalap di bawah naungan Red Bull Racing tersebut pun diharapkan bisa juga mematahkan rekor podium terbanyak dalam satu musim. Verstappen memecahkan rekor ini pada 2021 saat ia meraih 18 podium.

Sementara itu, Fernando Alonso, yang merupakan pebalap tertua di kompetisi 2023, memegang rekor dengan 281 finis di F1. Hamilton berada di belakang sang pembalap Spanyol dengan 280 kali finis.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in