Bulog Surakarta Gelar OP di Sragen jaga Stabilitas Harga Beras

Nusantaratv.com - 19/01/2023 13:59

Pimpinan Cabang Perum Bulog Surakarta Andy Nugroho (dua dari kanan) saat memimpin oeprasi pasar beras, di Balai Desa Kedawung Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Kamis (19/1/2023). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto
Pimpinan Cabang Perum Bulog Surakarta Andy Nugroho (dua dari kanan) saat memimpin oeprasi pasar beras, di Balai Desa Kedawung Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Kamis (19/1/2023). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Perum Bulog Cabang Surakarta menggelar operasi pasar (OP) melalui program stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) untuk menstabilkan harga beras yang tinggi, di Balai Desa Kedawung, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Kamis.

Pada kegiatan itu, Bulog Surakarta menyasar langsung masyarakat dan disambut dengan antusias karena mereka bisa membeli beras berkualitas bagus dengan harga murah.

Menurut Pimpinan Cabang Perum Bulog Surakarta Andy Nugroho operasi pasar program SPHP tersebut dilaksanakan, karena memang harga beras di pasar sedang tinggi yakni di atas Rp10.000 per kilogram.

Oleh karena itu, Bulog Surakarta ditugaskan pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) melakukan operasi pasar baik di pasar tradisional, pasar rakyat, kios pedagang eceran, kios ritel, dan langsung kepada warga seperti yang dilaksanakan di Desa Kedawung ini.

Pada operasi pasar beras ini, masyarakat bisa membeli beras dengan harga Rp8.500/kg untuk kualitas medium. Operasi pasar beras di Sragen ini akan dilaksanakan di 37 titik hingga harga beras kembali stabil.

Pada operasi pasar di Desa Kedawung ini, Bulog menyiapkan 5 ton beras medium dengan harga Rp8.500 per kg. Masyarakat dapat membeli beras OP dengan kemasan 5 kg. Jika 5 ton beras ini masih kurang akan ditambah lagi. Jumlah penduduk di Desa Kedawung sebanyak 500 kepala keluarga (KK).

Bulog Surakarta menggelar operasi pasar dimulai awal Januari ini, hingga waktu yang belum ditentukan atau hingga harga beras kembali stabil. Bulog akan terus melakukan kegiatan operasi pasar hingga harga beras stabil.

OP beras dilaksanakan di tujuh kabupaten dan kota di Soloraya yakni Solo, Klaten, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Boyolali, dan termasuk Sragen. Kegiatan operasi pasar beras realisasinya sudah mencapai 3.000 ton.

Bulog Surakarta berharap dengan kegiatan operasi pasar beras, masyarakat mendapatkan harga beras yang murah dengan kualitas bagus, sekaligus menstabilkan harga di pasar.

Suci (41), warga Desa Gondang Kecamatan kedawung  merasa terbantu dengan adanya operasi pasar yang dilaksanakan oleh Bulog. Harga beras di pasar kini cukup tinggi mulai Rp11.000/kg hingga di atas Rp12.000/kg. Harga beras dari Bulog hanya Rp8.500/kg. Jika satu sak 5 kg harga hanya Rp42.500.

"Saya beli dua sak beras untuk kebutuhan keluarga dan dengan pasar murah ini dapat membantu masyarakat. Kalau bisa kegiatan ini, diadakan setiap bulan," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in