Alya Rohali Tidak Pernah Berikan Reward Kepada Anak yang Belajar Puasa

Nusantaratv.com - 29/03/2023 22:43

Alya Rohali/Instagram
Alya Rohali/Instagram

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Artis Alya Rohali menceritakan aktivitas selama bulan puasa Ramadhan bersama ketiga putrinya. Namira Adjani Ramadina, Savannah Nadja Rachbini, Diarra Anissa Radini. Mereka biasanya melengkapi kegiatan Ramadhan mereka dengan melakukan sholat tarawih dan membaca Alquran bersama.

“Selama Ramadhan, mereka rutin melakukan kegiatan ini sejak kecil. Sekarang sepertinya mereka semakin sering bersama. Maksud saya Tarawih bersama ketika kami di rumah,” kata Alya Rohali kepada media. 

Ketika Alya Rohali mengajarkan cara membaca Al-Qur'an, ia menerapkannya sejak kecil kepada anak-anaknya. Alya dan suaminya juga ikut langsung mengaji kepada ketiga anaknya. Ketiga anaknya saat ini sedang belajar mengaji.

“Ya sama-sama dengan suami saya. Kebanyakan saya, ada juga bantuan dari orang lain, saya juga banyak kelemahannya. (anaknya) masih belajar. Saya juga tidak pandai membaca Al Quran, dalam artian ada tingkatan dari bisa membaca sampai makhraj, tajwid, artinya selangkah demi selangkah ya,” ujar Alya Rohali.

Sejak awal untuk belajar puasa, Alya Rohali tidak menggunakan teknik memberi hadiah atau kepada anak-anaknya ketika mereka mencapai tujuan puasanya. Puteri Indonesia 1996 itu mengimbau kepada anak-anaknya bahwa berpuasa adalah kewajiban setiap muslim dan satu-satunya pahala.

“Tidak, aku tidak pernah seperti itu sejak aku masih kecil. Saya sudah memberikan penghargaan. Jadi tidak pernah tertarik seperti itu. Tapi sungguh, caranya juga bisa berbeda-beda menurut anak. Tidak pernah untuk saya," kata Alja Rohali.

Meski demikian, Alya Rohali mengimbau anak-anaknya untuk tidak menjalankan puasa sampai mereka baligh. Sebelumnya mereka hanya belajar puasa, dan jika tidak kuat bisa berbuka setengah hari.

"Kalau sudah akil baligh, ya diwajibkan berpuasa. Kalau mau belajar dari sebelumnya boleh, nah itu dari proses belajarnya aku enggak yang memaksakan gitu. Mau setengah hari mulai ya boleh, tapi terus ada waktu tertentu 'Oke sekarang sudah full ya' gitu. Dan konsisten," pungkas Alya Rohali.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in