Aktivitas Fisik Penting agar Tetap Bugar Seiring Bertambahnya Usia

Nusantaratv.com - 04/06/2023 10:40

PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals) melalui brand Entrasol pada Sabtu (3.6) mengadakan Entrasol Master Run 2023 di kawasan Greenbelt 3B Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 Tangerang, Banten, dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) pada 29 Mei.  (ANTARA/HO-Kalbe)
PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals) melalui brand Entrasol pada Sabtu (3.6) mengadakan Entrasol Master Run 2023 di kawasan Greenbelt 3B Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 Tangerang, Banten, dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) pada 29 Mei. (ANTARA/HO-Kalbe)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Aktivitas fisik merupakan salah satu hal yang penting agar tubuh tetap fit seiring bertambahnya usia, kata dokter spesialis kedokteran olahraga dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr. Antonius Andi Kurniawan, SpKO.

"Meskipun usia tidak lagi muda, jangan sampai aktivitas fisik kita berkurang," kata dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Minggu.

Andi menuturkan aktivitas fisik harus tetap dibiasakan agar fungsi organ tubuh dan jaringan bisa berfungsi dengan baik. Ada banyak aktivitas fisik yang bisa dilakukan dengan teratur seperti kombinasi gabungan gerakan fleksibilitas, kardio atau jantung, serta kekuatan otot dan keseimbangan.

Lari, misalnya, dikatakan Andi dapat menjadi salah satu pilihan olahraga yang baik karena memiliki dampak positif bagi kekuatan otot, tulang, dan jantung, mengingat ketiga organ tubuh tersebut diketahui paling sering mengalami penurunan seiring bertambahnya usia.

"Lakukan rutin aktivitas fisik serta nutrisi tepat untuk jaga kekuatan sinergi antara otot, tulang, serta kesehatan jantung," kata Andi.

Selain aktivitas fisik, nutrisi juga penting untuk diperhatikan. Dokter spesialis gizi klinis dari FKUI dr. Cut Hafiah, M.Gizi, SpGK, FINEM, AIFO-K mengatakan bahwa nutrisi yang tepat memiliki berbagai manfaat seperti meningkatkan energi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan otot, tulang, serta jantung.

Terlebih lagi, kata dia, nutrisi bisa membantu memperbaiki kualitas hidup secara keseluruhan.

"Kondisi tubuh cenderung mengalami penurunan fungsi ketika kita bertambah usia, terutama otot, tulang, dan jantung sehingga pemilihan nutrisi yang tepat sangat penting dilakukan demi menjaga kualitas hidup," ujar Cut Hafiah.

Dia pun menyarankan agar membiasakan mengonsumsi nutrisi yang kadar proteinnya tepat, mengandung kalsium tinggi, serta lemak baik seperti buah zaitun.

"Di dalam ekstrak buah zaitun terdapat hydroxytyrosol yang mampu menjaga kelancaran peredaran darah dan juga kesehatan jantung. Di samping itu imbangi pula dengan pola hidup sehat dan rajin beraktivitas fisik,” tutur Cut Hafiah.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Platform belanja online Tokopedia. (ANTARA/HO-Tokopedia)-1695971538
Ilustrasi seorang anak sedang mengukur tinggi badan (net)-1695958609
Ilustrasi rasa percaya diri. (ANTARA/Pixabay.com/Alexas_Fotos)-1695810746