Cegah Penularan Covid-19, Warga Arab Saudi Gunakan Aplikasi 'Tawakalna'

Menkes Arab Saudi Dr Tawfiq Al Rabiah pada Januari mengumumkan bahwa "paspor kesehatan" online bagi mereka yang sudah lengkap dosis vaksin coronanya juga akan...

Bendera Arab Saudi/ist

Riyadh, Nusantaratv.com-Warga Arab Saudi telah menggunakan aplikasi 'Tawaklana'. Aplikasi canggih ini bertujuan untuk mencegah penularan covid-19. 

Aplikasi 'Tawaklana' yang diluncurkan sejak 9 bulan lalu juga bertujuan untuk mengelola perizinan selama jam malam yang berlaku di  Arab Saudi.

Aplikasi ini merupakan hasil kerjasama Kementerian Kesehatan dan Saudi Data and Artificial Intelligence Authority (SDAIA). 

Menkes Arab Saudi Dr Tawfiq Al Rabiah pada Januari mengumumkan bahwa "paspor kesehatan" online bagi mereka yang sudah lengkap dosis vaksin coronanya juga akan tersedia di aplikasi "Tawakkalna".

Hebatnya, Arab Saudi adalah salah satu negara pertama di dunia yang meluncurkan aplikasi pelacakan kontak virus corona selama pandemi. 

Presiden SDAIA Dr Abdullah bin Sharaf Al Ghamdi mengatakan aplikasi tersebut adalah perintis pemanfaatan teknologi selama pandemi.

Menurut dia aplikasi tersebut memungkinkan Kerajaan untuk mencatat kasus virus corona dan membatasi penyebaran infeksi baru. 

Selain 'Tawaklana' Kerajaan Saudi juga meluncurkan aplikasi jarak sosial virus corona yang diberi nama "Tabaud" pada Juni. Aplikasi ini memberi tahu orang-orang jika mereka melakukan kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi Covid-19.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK