Buntut Insiden Terbakarnya Pesawat United Airlines, Boeing 777 Dilarang Terbang di Seluruh Dunia

Pesawat Boeing 777/ist

Denver, Nusantaratv.com-Perusahaan produsen pesawat terbang Boeing mengeluarkan kebijakan larangan terbang untuk 120 lebih pesawat Boeing 777 di seluruh dunia. 

Kebijakan ini dikeluarkan usai terjadi insiden terbakarnya mesin pesawat jenis Boeing 777 maskapai United Airlines saat di udara, Sabtu (20/2/2021). Puing-puing pesawat United Airlines berjatuhan di pemukiman penduduk di wilayah Denver sebelum melakukan pendaratan darurat. 

Beruntung tidak ada korban jiwa dan terluka akibat insiden ini. 

Guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya insiden serupa, Boeing meminta kepada maskapai penerbangan dengan jenis mesin yang sama, untuk menangguhkan operasi sampai inspeksi dapat dilakukan. 

Kebijakan Boeing dikeluarkan setelah Federal Aviation Administration (FAA) AS mengeluarkan arahan darurat pada Minggu malam (21/2/2021). FAA menyatakan membutuhkan inspeksi segera atau lebih lanjut terhadap pesawat serupa dengan yang terlibat dalam insiden Denver. 

“Kami meninjau semua data keamanan yang tersedia setelah insiden kemarin,” kata administrator  FAA Steve Dickson.

Dickson menjelaskan berdasarkan . informasi awal, pihaknya menyimpulkan bahwa interval pemeriksaan harus ditingkatkan untuk bilah kipas pada model mesin yang digunakan pesawat Boeing 777. 

Baca juga: Pesawat United Airlines Terbakar di Udara

“Ini mungkin berarti bahwa beberapa pesawat akan disingkirkan dari layanan," tandasnya. 

777-200s dan 777-300s lebih hemat bahan bakar dibandingkan model yang lebih baru. Sebagian besar operator secara bertahap sudah menghentikan armada model tersebut. 

Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) AS mengatakan pemeriksaan awal mesin Denver menunjukkan dua bilah kipas telah retak. Kokpit suara dan perekam data penerbangan telah dibawa ke laboratorium di Washington untuk dianalisis.

Seperti diberitakan, pesawat Boeing 777 United Airlines dengan nomor penerbangan 328 terbang dari Bandara Internasional Denver ke Honolulu dengan membawa 231 penumpang dan 10 awak pesawat pada Sabtu (20/2/2021). Tak lama setelah tinggal landas, satu mesin mati kemudian menimbulkan percikan api di udara. 

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK