Wishnutama Mau Indonesia Miliki Wisata Premium Seperti Las Vegas :: Nusantaratv.com

Wishnutama Mau Indonesia Miliki Wisata Premium Seperti Las Vegas

Wisman di wisata premium keluarkan lebih banyak uang dibanding wisman biasa
Wishnutama Mau Indonesia Miliki Wisata Premium Seperti Las Vegas
Menparekraf Wishnutama Kusubandio. (Bisnis Indonesia)

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menilai sesungguhnya devisa negara dari wisata mancanegara (wisman) bisa meningkat kendati jumlah kedatangan mereka hanya sebanyak 10 juta orang. Hal itu bisa saja terjadi, dengan catatan wisman yang datang kategori premium yang artinya memiliki pengeluaran lebih besar, lima atau 10 kali lipat dari wisman biasa. 

Baca juga: Background Sama, Wishnutama Sambut Baik Pemilihan Angela

Ide ini menurut Wishnutama telah disampaikan ke Presiden Joko Widodo yang menargetkan 18 juta wisatawan pada 2019.

"Kalau target wisatawan 10 juta, tapi semuanya premium ya sebenarnya juga devisa yang akan masuk jauh lebih banyak. Karena wisatawan yang premium mungkin bisa keluarkan uang 5-10 kali. Dari harga hotel saja mereka sudah lebih mahal," ujar Wishnutama, Sabtu (26/10/2019). 

Wishnutama memastikan pihaknya akan menyiapkan tempat-tempat wisata premium. Strategi ini dianggap penting guna meningkatkan wisman.

Tempat wisata premium ini sudah cukup banyak di luar negeri, salah satunya di Las Vegas, Amerika Serikat.

"Bayangkan kalau kita lihat turis ke Las Vegas, sudah jumlahnya 40 juta setahun, lalu premium semua, pengeluarannya tinggi semua," jelasnya.

Saat ini perkembangan destinasi wisata premium di Indonesia baru ada di kawasan Nusa Dua, Bali. Tapi bencana alam dan aksi terorisme bisa langsung membuat lumpuh kawasan itu. 

Wishnutama pun merasa pesimis bisa memenuhi target wisman dengan jumlah 18 juta hingga akhir 2019. Sebab tahun ini hanya menyisakan waktu sekitar dua bulan.

"Dalam tiga hari saya masih belajar ini semua dan bagaimana meningkatkan itu dalam kurang dari sebulan. Tidak bisa dua bulan kalau berbicara peningkatan," tandasnya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0