Ma'ruf Amin Mau Santri Jadi Pebisnis :: Nusantaratv.com

Ma'ruf Amin Mau Santri Jadi Pebisnis

Ma'ruf Amin ingin santri mandiri secara ekonomi
Ma'ruf Amin Mau Santri Jadi Pebisnis
Wapres Ma'ruf Amin bersama para menteri

Jakarta, Nusantaratv.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berharap para santri tak hanya menguasai ilmu keagamaan, tapi juga bidang perekonomian. Ma'ruf ingin para santri mandiri secara ekonomi dan menjadi santri-santri entrepreneur.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Minta Santri Tangkal Radikalisme 

Pernyataan ini disampaikan Ma'ruf saat meresmikan malam karnaval budaya santri atau Santri Culture Night Carnival (SCNC) 2019 di Surabaya, Minggu (27/10) malam. Acara itu merupakan puncak peringatan Hari Santri 2019. 

"Saya mengharapkan santri itu Gus Iwan, apa itu Gus Iwan? (yaitu) Santri bagus, pinter, ngaji usahawan," kata Ma'ruf yang disambut tawa para hadirin. 

Ma'ruf meminta para santri terlibat di dunia usaha. Sehingga dunia bisnis tak hanya dikuasai kalangan di luar santri. 

"Kita harapkan santri-santri entrepreneur santri wirausaha. Seperti yang ditunjukan melalui Gerakan Nahdlatut Tujjar, santri Tujjar, harus tampil jangan sampai dunia usaha hanya dikuasai oleh segelintir orang bukan santri," paparnya. 

Ma'ruf mengapresiasi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang telah menggagas upaya pengembangan usaha masyarakat, khususnya para santri di Jawa Timur.

Diungkapkan Ma'ruf, kini pemerintah tengah mendorong para santri berwirausaha, dengan meluncurkan arus baru ekonomi. Arus baru ekonomi ini kata dia ialah kebalikan arus lama yang dibangun dari konglomerasi atas ke bawah.

Hal ini muncul, sebab arus lama ekonomi nyatanya dinilai tak mampu mengurangi kesenjangan antara yang kuat dan lemah, tapi justru makin memperlebar disparitas ekonomi.

Ma'ruf pun meminta santri tampil menjadi pelopor dalam pembangunan ekonomi nasional ke depan.

"Untuk menghilangkan kesenjangan itu, disparitas itu, maka pembangunan harus kita lakukan dari bawah, yaitu bottom up economic development. Yaitu membangun ekonomi dari bawah, yang (membuat) bawah menjadi kuat," tandasnya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0