Menlu AS Dukung Hak Bela diri Saudi Pasca Serangan Kilang Minyak

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan Amerika Serikat mendukung hak membela diri Arab Saudi dan mengatakan perilaku Iran tidak akan di toleransi.
Menlu AS Dukung Hak Bela diri Saudi Pasca Serangan Kilang Minyak
Menlu AS, Mike Pompeo (scmp)

Washington, Nusantaratv.com - Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan Amerika Serikat mendukung hak membela diri Arab Saudi dan mengatakan perilaku Iran tidak akan di toleransi. 

Pernyataan itu disampaikan dalam pertemuan dengan Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman, menurut sebuah pernyataan di akun Twitter resminya pada hari Kamis (19/9/19).

Pompeo mengutuk serangan itu dan mendukung seruan Arab Saudi agar para pakar internasional datang ke negara itu untuk menyelidiki lebih lanjut.

Baca Juga : Lagi, Sebuah Bom Truk Taliban Meledak di Afghanistan

Dalam pertemuan itu, Pangeran Mohammed menekankan bahwa serangan terhadap perusahaan minyak negara Saudi Aramco ditujukan untuk mengganggu stabilitas keamanan kawasan dan merusak pasokan energi dan ekonomi global.

Sebelumnya, Amerika Serikat percaya bahwa serangan yang melumpuhkan fasilitas minyak Arab Saudi akhir pekan lalu berasal dari Iran barat daya. Sebuah penilaian yang semakin meningkatkan ketegangan di Timur Tengah. 

Melansir Reuters, serangan itu melibatkan rudal jelajah dan drone, menunjukkan bahwa mereka melibatkan tingkat kompleksitas dan kecanggihan yang lebih tinggi daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Sumber : Reuters 
Terjemahan : (NTV/Cal) 

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0