Kesepakatan Migrasi AS-Meksiko Mencakup Rencana Suaka Regional

Kesepakatan Migrasi AS-Meksiko Mencakup Rencana Suaka Regional
Bendera Amerika Serikat

Washington, Nusantaratv.com -Perjanjian Migrasi Meksiko AS yang dicapai minggu lalu mencakup rencana suaka regional dan komitmen Meksiko untuk memeriksa dan berpotensi mengubah undang-undang. 

 "Kesepakatan itu menjabarkan pendekatan regional untuk pembagian beban dalam kaitannya dengan pemrosesan klaim status pengungsi bagi migran," kata dokumen itu.

 Kesepakatan itu mencegah kenaikan tarif impor sebesar 5% untuk barang-barang Meksiko, yang telah ditetapkan Trump untuk diberlakukan kecuali Meksiko berbuat lebih banyak untuk menghentikan migrasi. 

Trump menjadikan pembatasan imigrasi ilegal sebagai isu utama dalam kampanye pemilu 2016 dan upayanya untuk melaksanakan aspek-aspek kebijakan tersebut telah frustrasi.

Kesepakatan antara Meksiko dan Amerika Serikat ditandatangani pada hari Jumat, dengan Meksiko setuju untuk mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan aliran orang-orang dari Amerika Tengah, termasuk mengerahkan 6.000 anggota penjaga nasional baru di sepanjang perbatasannya dengan Guatemala. 

Selama akhir pekan tidak ada tanda-tanda bahwa Meksiko sudah mulai melawan perbatasan, dengan migran dan penduduk setempat menyeberangi sungai dengan rakit di pelabuhan masuk resmi yang sibuk. 

Otoritas A.S. mengatakan mereka kewalahan oleh perubahan jenis migran yang muncul di perbatasan. Lantaran semakin banyak keluarga Amerika Tengah dan anak di bawah umur tidak didampingi untuk mencari bantuan dari kekerasan. Padahal mereka telah menyerahkan diri kepada agen perbatasan A.S. yang telah lama berfokus pada penangkapan terutama para lajang, dan orang dewasa Meksiko yang mencoba menyeberang.

 

Sumber : Reuters

Terjemahan : (NTV/Cal)