Kata Trump Soal Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan Rudal Rusia

Presiden AS Donald Trump mengaku lebih memahami tentang mengapa Turki membeli sistem pertahanan rudal Rusia dan dia diperkirakan tidak akan menjatuhkan sanksi AS terhadap Ankara atas masalah tersebut.
Kata Trump Soal  Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan Rudal Rusia
Presiden AS, Donal Trump

Washington, Nusantaratv.com - Presiden AS Donald Trump mengaku lebih memahami tentang mengapa Turki membeli sistem pertahanan rudal Rusia dan dia diperkirakan tidak akan menjatuhkan sanksi AS terhadap Ankara atas masalah tersebut. 

"Harapan saya adalah (sanksi) tidak akan diterapkan," kata pejabat senior AS melansir Reuters pada Kamis (19/9/19).

"Dia mengerti seluruh sejarah di balik bagaimana kita bisa membeli S-400," katanya. 

Baca Juga : AS dan China Akan Kembali Bertemu, Bahas Apa?

Ankara dan Washington telah berselisih soal pembelian sistem S-400 Turki, yang menurut Amerika Serikat tidak sesuai dengan pertahanan NATO dan menimbulkan ancaman bagi jet tempur "stealth" milik F-35 milik Lockheed Martin Corp yang juga direncanakan akan dibeli oleh Turki.

 Turki mengatakan pihaknya menghadapi berbagai ancaman dari Suriah dan sangat membutuhkan sistem pertahanan yang komprehensif. 

Amerika Serikat telah mengusir Ankara dari program F-35 atas pembelian sistem pertahanan udara Rusia, yang bagian-bagiannya mulai berdatangan di Turki pada bulan Juli, tetapi sejauh ini gagal memberikan sanksi pada Ankara, meskipun telah mengancam akan melakukannya.

 Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan komentar. Pada pertemuan bilateral pada Juni di Osaka dengan Presiden Turki Tayyip Erdogan, Trump mengatakan Turki telah diperlakukan tidak adil atas keputusannya untuk membeli S-400 dan menyalahkan kekacauan pada administrasi mantan Presiden Barack Obama. 

Namun dia belum mengesampingkan sanksi. Pekan lalu, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan pemerintahan Trump sedang mempertimbangkan untuk menjatuhkan sanksi terkait dengan pembelian S-400 di Turki tetapi tidak ada keputusan yang dibuat.

 Erdogan mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara pekan lalu bahwa ia akan membahas pembelian rudal Patriot A.S dengan Trump pada pertemuan Majelis Umum PBB minggu depan, mengatakan ikatan pribadinya dengan pemimpin AS dapat mengatasi krisis berbulan-bulan antara dua sekutu NATO.

 Pejabat senior Turki itu mengatakan pengenaan sanksi juga akan bertentangan dengan perjanjian baru-baru ini antara Ankara dan Washington untuk meningkatkan perdagangan menjadi $ 100 miliar setelah kunjungan Sekretaris Perdagangan AS Wilbur Ross ke Turki awal bulan ini.

Sumber : Reuters 
Terjemahan : (NTV/Cal) 

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0