Iran Minta Jepang Tengahi Teheran dan Washington Soal Sanksi Minyak

Iran Minta Jepang Tengahi Teheran dan Washington Soal Sanksi Minyak
Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif

Dubai, Nusantaratv.com -Iran akan meminta Jepang untuk menengahi antara Teheran dan Washington guna meringankan sanksi minyak yang diberlakukan oleh Amerika Serikat. 

Perdana Menteri Shinzo Abe, yang merupakan pemimpin Jepang pertama yang mengunjungi Iran sejak Revolusi Islam 1979, tiba di Teheran ketika ketegangan yang meningkat antara Iran dan Amerika Serikat terkait kekhawatiran akan konflik militer lain di Timur Tengah yang dilanda krisis.

"Jepang dapat membantu meredakan ketegangan yang sedang berlangsung antara Iran dan Amerika. sebagai isyarat niat baik, Amerika harus mengangkat sanksi minyak yang tidak adil atau memperpanjang keringanan atau menangguhkan mereka," kata seorang pejabat senior Iran melansir Reuters. 

Pada kunjungan empat hari ke Jepang bulan lalu, Presiden AS Donald Trump menyambut bantuan Abe dalam berurusan dengan Iran.

Ketegangan antara Washington dan Teheran telah meningkat tajam dalam beberapa pekan terakhir, setahun setelah Amerika Serikat membatalkan perjanjian nuklir 2015 antara Iran dan negara-negara dunia untuk mengekang program nuklir Teheran dengan imbalan pencabutan sanksi.

Washington memperketat sanksi sejak awal Mei, memerintahkan semua negara dan perusahaan untuk menghentikan impor minyak Iran atau dibuang dari sistem keuangan global.

Mereka juga mengirim pasukan tambahan ke wilayah itu untuk melawan apa yang disebutnya ancaman Iran.

 

Sumber : Reuters

Terjemahan : (NTV/Cal)