Iran Kecam Plot AS - Israel Untuk Beri Tekanan Pengawas Nuklir AS

Iran telah mengecam plot AS-Israel untuk memberi tekanan pada pengawas nuklir AS, setelah IAEA menyerukan beberapa hari terakhir untuk kerja sama lebih lanjut dari Teheran.
Iran Kecam Plot AS - Israel  Untuk Beri Tekanan Pengawas Nuklir AS
Bendera Iran (New York Times)

Teheran, Nusantaratv.com - Iran telah mengecam plot AS-Israel untuk memberi tekanan pada pengawas nuklir AS, setelah IAEA menyerukan beberapa hari terakhir untuk kerja sama lebih lanjut dari Teheran. 

 Badan Energi Atom Internasional (IAEA) memiliki kekuatan luas untuk memeriksa Iran berdasarkan perjanjian nuklir 2015 dengan negara-negara besar.

 IAEA telah mengeluarkan seruannya dalam beberapa hari terakhir untuk Iran untuk bekerja sama, tanpa mengatakan secara spesifik apa yang mendorong mereka, mengatakan ini rahasia. 

Baca Juga : Arab Saudi Minta Negara Anggota OPEC Patuh Soal Potongan Produksi Minyak

Para diplomat mengatakan bahwa badan tersebut ingin Iran menjelaskan bagaimana jejak uranium ditemukan di sebuah situs yang digambarkan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu setahun yang lalu sebagai "gudang atom rahasia". 

"Sejak dua hari sebelum sesi Dewan ini, kami menyaksikan plot AS-Israel dengan dukungan media terafiliasi mereka," duta besar Iran untuk IAEA, Kazem Gharibabadi, mengatakan pada Kamis (12/9/19)  seperti dilansir dari Reuters. 

 Washington keluar dari perjanjian nuklir tahun lalu dan telah menerapkan kembali sanksi terhadap Iran. 

Iran telah menanggapi dengan mengumumkan beberapa langkah untuk melampaui ambang batas dalam perjanjian tetapi mengatakan masih bertujuan untuk mempertahankan pakta tersebut. 

Ketika ditanya oleh wartawan apakah jejak bahan radioaktif telah ditemukan dan mengapa IAEA mendorong kerja sama yang lebih baik, Gharibabadi mengatakan masalah seperti itu bersifat rahasia dan Iran "bekerja secara tepat waktu dan proaktif" dengan IAEA. 

 

Sumber : Reuters 

Terjemahan : (NTV/Cal  

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0