Donald Trump Bertemu Perdana Menteri Australia

Presiden AS Donald Trump akan menyambut perdana menteri Australia Scott Morrison pada hari Jumat dalam kunjungan kenegaraan kedua pemerintahannya, menandakan ikatan dekat antara kedua sekutu saat Washington menghadapi Beijing dan Teheran.
Donald Trump Bertemu Perdana Menteri  Australia
Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison (the new daily)

Washington, Nusantaratv.com - Presiden AS Donald Trump akan menyambut Perdana Menteri Australia Scott Morrison pada hari Jumat (20/9/19) dalam kunjungan kenegaraan kedua pemerintahannya, menandakan ikatan dekat antara kedua sekutu saat Washington menghadapi Beijing dan Teheran. 

Trump dan Morrison diperkirakan akan membahas keamanan dan perdagangan, karena meningkatnya ketegasan China, terutama di Laut Cina Selatan yang kaya energi, telah meningkatkan kekhawatiran di kawasan dan Amerika Serikat.

Baca Juga : AS Bangun Koalisi Untuk Cegah Ancaman Iran

 Para pemimpin juga akan merilis rencana pada hari Jumat yang bertujuan untuk mengamankan pasokan mineral tanah jarang, karena kekhawatiran tumbuh bahwa China, prosesor dan produsen mineral terbesar di dunia, dapat memotong pengiriman komoditas berharga. 

Beberapa hari sebelum kunjungan, sebuah tanda yang dipasang di Kedutaan Besar Australia di Washington menyatakan "100 tahun persahabatan" antara kedua negara. 

"Australia memainkan permainan yang sangat cerdas dengan Trump," tambahnya, mencatat bahwa negara tersebut telah menghindari kritik langsung kepadanya, tidak seperti beberapa mitra Eropa. 

Trump memulai dengan mulus dengan Morrison, mengucapkan selamat kepadanya atas kemenangannya dalam pemilihan umum yang mengejutkan pada bulan Mei, dengan sebuah tweet yang mencatat bahwa tidak ada teman yang lebih baik dari para Amerika Serikat dan Australia. 

Keduanya juga bertemu di sela-sela G20 pada bulan Juni, memperkuat hubungan hangat yang tidak dinikmati Trump dengan pendahulu Morrison, Malcolm Turnbull. 

Trump memabukkan Turnbull pada Februari 2017 atas perjanjian pengungsi bilateral sebelum tiba-tiba mengakhiri pembicaraan telepon mereka.

 Australia juga setuju bulan lalu untuk bergabung dengan koalisi untuk melindungi kapal tanker minyak dan kapal kargo dari ancaman yang ditimbulkan oleh Iran di Selat Hormuz setelah serangkaian serangan di sana yang ditudingkan Washington ke Teheran.

 Australia juga telah melarang China, Huawei Technologies Co Ltd, penyedia peralatan telekomunikasi top dunia, yang dituduhkan Amerika Serikat atas kemampuan mata-mata, dari jaringan 5G-nya, sesuatu yang telah diperjuangkan oleh pemerintahan Trump untuk membujuk sekutu lain untuk melakukan.

 Intelijen Australia menyimpulkan China bertanggung jawab atas serangan cyber di parlemen Australia dan tiga partai politik terbesarnya. 

Setelah upacara kedatangan, pertemuan bilateral, dan konferensi pers bersama, Wakil Presiden Mike Pence dan Sekretaris Negara Mike Pompeo akan menjadi tuan rumah makan siang untuk Morrison yang akan diikuti oleh makan malam kenegaraan di Gedung Putih.

Sumber : Reuters 
Terjemahan : (NTV/Cal) 

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0