Zoom Akan Menambahkan Fitur Email dan Kalender Baru

Nusantaratv.com - 18/09/2022 22:40

Ilustrasi menggunakan video call / lifewire.com
Ilustrasi menggunakan video call / lifewire.com

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Dengan rata-rata sekitar 300 juta pengguna setiap hari, Zoom sudah menjadi juara video call yang tidak terbantahkan. Namun menurut sumber dari The Information, platform tersebut akan memperluas jangkauannya dengan meluncurkan fitur kalender dan email tambahan.

Fitur-fitur tersebut, yang diberi nama Zmail dan Zcal, dapat dirilis ke pengguna Zoom pada awal November, sekaligus menempatkan aplikasi tersebut dalam persaingan langsung dengan perusahaan terkemuka seperti Slack, Microsoft Office , dan Google Workspace.

Zoom merasakan pertumbuhan eksplosif selama pandemi, dengan pendapatan aplikasi panggilan video tumbuh sebesar 319% pada tahun 2020. The Information mengatakan perusahaan telah menghabiskan dua tahun terakhir mengembangkan Zmail dan Zcal, jawaban Zoom sendiri untuk aplikasi email dan kalender. 

Sebelumnya, Platform ini telah merilis serangkaian fitur yang ditujukan untuk merampingkan kolaborasi virtual di tempat kerja, termasuk  fitur papan tulis digital yang sepenuhnya terintegrasi dan fitur obrolan tim yang menyaingi Microsoft Teams.

Dengan basis pengguna yang mapan, Zoom sudah memiliki platform yang kokoh untuk dibangun. Alat panggilan video sudah digunakan oleh 470.000 pelanggan bisnis di AS. Meskipun demikian, Zoom melihat kenaikan meteoriknya melambat secara real time, saat pelanggan/pekerja kembali ke kantor, dan Microsoft Teams dan Google Meet menawarkan alternatif.

Tidak dapat disangkal bahwa Zoom berhasil meraih keuntungan ketika pandemi melanda, tetapi sekarang ada penurunan saham perusahaan serta target laba yang meleset, dan jelas bahwa Zoom tidak dapat lagi bertahan hanya dengan menawarkan web sistem konferensi saja.

Memperluas pilihan produknya ke email dan kalender dapat menjadi langkah yang cerdas jika pelanggan memilih untuk menggunakannya. Pengalaman yang mulus di seluruh kalender, email, dan konferensi web bisa menjadi paket yang menarik bagi pengguna, dan lebih sesuai dengan apa yang ditawarkan oleh pesaingnya seperti, Microsoft dan Google.

Tetapi ketika pasar video call menjadi semakin jenuh, apakah Zoom masih merupakan perangkat lunak terbaik dari jenisnya?

Menurut penelitian Tech.co yang membandingkan perangkat lunak panggilan bisnis teratas dengan sejumlah metrik, Zoom adalah aplikasi konferensi video terbaik yang sangat kuat. Ini sebagian besar disebabkan oleh kualitas videonya yang mengesankan, opsi dukungan yang bermanfaat, dan paket gratis berkualitas.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in