Yahukimo-Papua Rusuh, 6 Orang Tewas dan 41 Lainnya Terluka

Nusantaratv.com - 03 Oktober 2021

Sejumlah rumah suku Yali terbakar akibat penyerangan yang dilakukan suku Kimyal/ist
Sejumlah rumah suku Yali terbakar akibat penyerangan yang dilakukan suku Kimyal/ist

Penulis: Ramses Manurung

Yahukimo, Nusantaratv.com-Di saat Papua sedang sibuk menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON), terjadi kerusuhan di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo yang menelan korban jiwa, pada Minggu (3/10/2021). Dilaporkan sedikitnya 6 orang tews dan 41 lainnya terluka.

Diduga kerusuhan terjadi akibat konflik suku Yali yang mendiami Distrik Dekai dengan suku Kimyal. Namun sejauh ini belum ada informasi resmi terkait penyebab terjadinya aksi amuk massa tersebut. 

Berdasarkan informasi, ratusan warga suku Kimyal tiba-tiba mendatangi wilayah suku Yali dan melakukan penyerangan. 

Khawatir terjadi serangan susulan dari suku Kimyal, sebanyak 1.000 warga Distrik Dekai dan sekitarnya mengungsi ke Polres Yahukimo.  Mereka terdiri dari bapak-bapak, ibu-ibu dan anak anak.

Baca juga: Amankan PON, Mabes Polri Kirim Densus ke Papua

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Polisi Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, aparat Polres Yahukimo menangkap 52 orang dari Suku Kimyal yang diduga sebagai pelaku dalam aksi penyerangan terhadap masyarakat Suku Yali.

"Saat ini, ke-52 orang tersebut dalam pemeriksaan intensif penyidik Polres Yahukimo," ujar Kamal di Jayapura, Papua mengutip okezone.

Kamal menjelaskan kepolisian telah mendatangi tempat kejadian perkara (TKP), mengamankan TKP, melakukan evakuasi terhadap masyarakat dari Suku Yali yang menjadi korban aksi penyerangan ke RSUD Dekai, melakukan pendekataan terhadap para tokoh, melakukan penyelidikan dan penyidikan.

Kamal menuturkan aksi penyerangan tersebut berawal dari berita duka yang diterima oleh masyarakat Suku Kimyal atas meninggalnya mantan Bupati Yahukimo Abock Busup di Jakarta pada Minggu pagi.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

Berita Terkait
Ilustrasi-1646394631
Bupati Gorontalo Utara-1646273134