Wow! Dokter Temukan 55 Baterai di Tubuh Wanita Ini

Nusantaratv.com - 19/09/2022 16:39

Dokter menemukan 55 baterai pada bokong dan perut wanita berusia 66 tahun. (the Irish Medical Journal/Huffpost)
Dokter menemukan 55 baterai pada bokong dan perut wanita berusia 66 tahun. (the Irish Medical Journal/Huffpost)

Penulis: Tri Budi Purnomo

Nusantaratv.com - Seorang staf medis di Rumah Sakit Universitas St. Vincent, Elm Park, Dublin, Irlandia, menemukan sekitar 55 baterai di tubuh seorang pasien wanita berusia 66 tahun. 

Dikutip dari Huffpost, Senin (19/9/2022), puluhan baterai itu baru ditemukan setelah hasil X-ray memperlihatkan ada benda asing di dalam tubuh wanita lanjut usia (lansia) tersebut.

Beruntung, puluhan baterai AA itu tidak mengganggu saluran pencernaannya. Dokter awalnya berharap puluhan baterai itu bisa dikeluarkan secara normal. Kendati wanita itu berhasil mengeluarkan lima baterai pada minggu pertama, namun X-ray menunjukkan sebagian besar baterai masih tersangkut di dalam, hingga wanita itu mulai merasakan sakit pada perutnya.

Ketika dia mulai mengalami kram perut, para dokter menyadari jika perutnya yang buncit dikarenakan berat baterai. Para ahli bedah mengambil tindakan dan mengeluarkan 46 baterai.

Sayangnya, ada empat baterai yang tertinggal di ususnya. Dokter memerah empat baterai itu dari usus hingga ke rektum dan selanjutnya mengeluarkannya dari lubang pantat. Sehingga jumlah baterai dalam tubuh wanita itu mencapai 55 baterai AA dan AAA.

"Sepengetahuan kami, kasus ini mewakili jumlah baterai terbanyak yang dilaporkan berada dalam tubuh dalam satu waktu," kata dokter dalam jurnal the Irish Medical Journal.

Kejadian ini menimbulkan rasa penasaran. Di mana dalam jurnal itu, dokter mengingatkan jika menelan baterai adalah metode melukai diri sendiri yang tidak lazim. Mereka menilai jika menelan baterai bisa menyebabkan beberapa masalah termasuk luka mukosa, usus bolong dan saluran pencernaan terhambat.

"Potensi baterai silinder untuk menghasilkan keadaan darurat bedah akut tidak boleh diremehkan," kata laporan itu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Bunga es-1664701185
bunga es-1664699813
Batik-1664634631