Waspada! Wabah Listeria Landa AS, 1 Orang Meninggal 20 Lainnya Dirawat Intensif

Nusantaratv.com - 04/07/2022 19:00

Ilustrasi bakteri Listeria/ist
Ilustrasi bakteri Listeria/ist

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com-Amerika Serikat (AS) dilanda wabah Listeria. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) melaporkan wabah baru Listeria yang terjadi mengakibatkan 1 orang meninggal dan 22 lainnya harus dirawat intensif.

Kasus-kasus listeria tersebut terjadi antara 24 Januari 2021 hingga 12 Juni 2022.

Perlu diketahui, wabah Listeria atau infeksi listeriosis disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes yang dapat ditemukan di tanah, air, lingkungan yang lembab, syuran busuk, dan hewan mati.

Listeria umumnya ditularkan ke orang-orang melalui makanan yang terkontaminasi selama proses pemanenan, pemrosesan atau pengangkautan.

Bakteri Listeria dapat bertahan hidup dan tumbuh di bawah suhu rendah, seperti di kulkas atau alat pengawet lainnya.

Di masa lalu, wabah listeriosis di AS berkaitan dengan berbagai macam produk, seperti susu yang tidak dipasteurisasi, es krim, ikan asap, hot dog, dan sayuran mentah maupun olahan.

Untuk wabah saat ini, CDC belum mengidentifikasi sumbernya.

Puluhan kasus yang terjadi tersebar di 10 negara bagian, seperti Colorado, Georgia, Illinois, Kansas, Massachusetts, Minnesota, New Jersey, New York, Pennsylvania dan Florida.

Secara total, 20 orang yang sakit dilaporkan tinggal atau bepergian ke Florida pada bulan sebelum mereka jatuh sakit.

Secara umum, bakteri Listeria memicu penyakit parah selama kehamilan, pada bayi baru lahir, orang berusia 65 tahun ke atas, dan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

Gejala penyakit tersebut bisa berupa demam, nyeri otot, sakit kepala, leher kaku, kebingungan, kehilangan keseimbangan dan kejang-kejang. Infeksi juga dapat menyebabkan gejala keracunan makanan, seperti mual, muntah dan diare, mengutip suaracom.

Dalam kasus parah, terutama pada orang tua dan kelompok orang dengan gangguan kekebalan, bakteri dapat menginfeksi aliran darah (sepsis) atau otak (meningitis dan ensefalitis).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Ilustrasi kopi-1660110337
“Untag Banyuwangi Bangga Berkebaya”.-1660060594
Baking soda-1660058621