Waspada! Kencing Berdarah Bisa Jadi Gejala Kanker Prostat

Nusantaratv.com - 17/06/2022 20:40

Ilustrasi penderita kanker prostat/ist
Ilustrasi penderita kanker prostat/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Kanker prostat berkembang perlahan yang berarti bisa tidak terdeteksi selama bertahun-tahun. Meskipun tidak ada gejala yang jelas, ada beberapa perubahan kebiasaan buang air kecil yang dapat mengindikasikan penyakit tersebut.

Perlu diketahui, beberapa tanda mungkin merupakan masalah sementara yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti pola makan dan gaya hidup.

Beberapa tanda bahaya paling umum yang tidak boleh diabaikan antara lain lebih sering ke toilet, aliran urin yang lambat atau terputus, dan perasaan ingin buang air kecil bahkan ketika kamu telah selesai.

Gejala lain dari kanker prostat termasuk darah dalam urin, darah dalam air mani, nyeri tulang, penurunan berat badan yang tidak terduga dan disfungsi ereksi. Jika kamu mengalami salah satu dari gejala berikut, kamu harus berkonsultasi dengan dokter.

Ada faktor-faktor tertentu yang dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Salah satunya adalah faktor usia. Risiko kanker prostat meningkat setelah usia 50 tahun. Jika anda memiliki riwayat keluarga seperti orang tua, saudara kandung atau anak, sudah menderita kanker prostat, maka risiko kamu mungkin meningkat, mengutip suaracom.

Orang yang mengalami obesitas juga berisiko lebih tinggi terkena kanker prostat dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan yang sehat.

Merubah gaya hidup lebih sehat bisa menjadi solusi untuk mencegah terkena kanker prostat. 

Kemudian makan makanan yang sehat yang mencakup berbagai buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Buah-buahan dan sayuran kaya akan vitamin dan nutrisi yang meningkatkan kesehatan kamu. Perhatikan asupan kalsium kamu karena jumlah kalsium yang tinggi dapat meningkatkan risiko kanker prostat agresif. Jadi, alih-alih mengonsumsi suplemen berat, cobalah untuk mendapatkan kalsium dari sumber makanan alami.

Berolahraga juga menjadi solusi untuk  meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in