Warkop DKI Ultimatum Warkopi Ganti Nama dalam 7x24 Jam

Nusantaratv.com - 06 Oktober 2021

Trio Warkopi (kiri) dan Indro/ist
Trio Warkopi (kiri) dan Indro/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Lembaga Warkop DKI dan Indro mengultimatum trio Warkopi untuk mengganti nama dalam 7x24 jam atau seminggu ke depan. Tak hanya itu, Warkopi juga diminta menghentikan segala kegiatan yang bersifat meniru grup komedian legendaris tersebut.

Ultimatum itu dilontarkan oleh Satrio Sarwo Trengginas selaku anak mendiang Dono yang menjadi bagian Lembaga Warkop DKI, dalam jumpa media secara daring pada Rabu (6/10) mengutip detikhot.

"Kami mengingatkan untuk Warkopi tidak menggunakan nama Warkopi selama tujuh hari sejak dikeluarkan rilis ini. Karena nama Warkopi sangat lekat dengan Warkop DKI," kata Satrio.

Satrio mengatakan Warkop DKI mengapresiasi permintaan maaf oleh Warkop terkait tindakan mereka yang dianggap melanggar hak cipta grup komedian tersebut.

Meski demikian, kata Satrio, pihaknya tetap meminta segala kegiatan Warkopi yang bersifat meniru Warkop DKI untuk dihentikan. Ditegaskan Warkopi belum meminta izin terkait membuat konten mirip Warkop DKI.

"Kami menegaskan, Warkopi dan manajemen Patria TV belum meminta izin secara langsung," kata Satrio.

Baca juga: Rekaman Pengakuan Alvin Faiz Selingkuhi Larissa Chou Bikin Geger Warganet

Pada kesempatan yang sama, Indro Warkop DKI menyatakan tidak ada lagi perdebatan perihal hak cipta atau HAKI yang dipermasalahkan dalam kisruh dengan Warkopi.

Dikakatakan, Warkop DKI yang telah mendaftarkan hak cipta atas karakter Dono, Kasino, dan Indro dengan tegas tidak memberikan izin atas penggunaan karakter itu kepada Warkopi.

"Secara tegas lembaga Warkop tidak mengizinkan. Tidak ada lagi mungkin pembicaraan mengenai HAKI ini. Jadi sudah tertutup," tandas Indro.

"Karena satu, lembaga Warkop punya hak untuk HAKI. Selain itu lembaga Warkop sudah mempunyai perjanjian eksklusif dengan PT Falcon," imbuhnya. 

"Jadi enggak ada istilah Indro Warkop marah atau nutup rezeki," katanya lagi.

Indro juga meminta kepada Warkopi yang terdiri dari Alfin, Sepriadi, dan Alfred untuk menjadi diri mereka sendiri dalam berkarya di industri hiburan.

Ia pun mengingatkan bila tetap terus menggunakan karakter atau sengaja meniru Warkop DKI, Warkopi bisa dapat teguran dari rumah produksi. 

Jika terjadi, kata Indro, hal itu sudah berada di luar tanggung jawabnya. 

"Bukan masalah plagiat, tapi menirunya. Dalam sejarah belum ada peniru yang sukses juga. Akhirnya mereka sukses dengan dirinya sendiri," pungkasnya.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])