Warga Lampung Teriak-teriak Kebanjiran Parah, Ini Penyebabnya

Nusantaratv.com - 25 Februari 2024

Korban banjir dievakuasi petugas (Foto: ANTARA)
Korban banjir dievakuasi petugas (Foto: ANTARA)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, menyebutkan bahwa banjir yang melanda wilayah Lampung Selatan disebabkan oleh penyumbatan drainase.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lampung Selatan, Ariswandi, di kutip dari Antara, menyebutkan "Di daerah terdampak banjir seperti di Desa Hajimena, Kecamatan Natar, terdapat penyumbatan drainase yang memicu air meluap saat turun hujan."

Setelah banjir mulai surut, tim BPBD langsung melakukan pembersihan di aliran sungai yang tersumbat oleh sampah dan ranting pohon.

Ariswandi menjelaskan bahwa bencana banjir yang menimpa pemukiman warga di Kecamatan Natar terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut pada Sabtu (24/2).

Kepala Pelaksana BPBD Lampung Selatan Ariswandi bersama Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menunjau tempat penyumbatan di salah satu sungai yang ada di lokasi banjir. (Foto: ANTARA)

"Debit air yang cukup besar menyebabkan material berupa sisa potongan bambu dan ranting terbawa arus air, sehingga terjadi penyumbatan pada saluran drainase yang memicu air meluap dan menerjang jalan serta pemukiman warga," ungkapnya.

Ia menambahkan, "Ketinggian banjir tadi malam variatif mulai dari setinggi lutut orang dewasa sampai ada yang mencapai atap rumah warga."

BPBD Lampung Selatan bersama instansi terkait seperti kepolisian, TNI, dan sukarelawan telah memberikan penanganan di daerah yang terdampak bencana banjir. Beruntungnya, peristiwa ini tidak mengakibatkan korban jiwa.

Ariswandi juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada mengingat curah hujan di daerah tersebut masih cukup tinggi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])