Wapres Ma'ruf Pimpin Pemerintahan Selama Jokowi di Luar Negeri

Nusantaratv.com - 26/06/2022 19:52

Wapres Ma'ruf Amin. (Net)
Wapres Ma'ruf Amin. (Net)

Penulis: Maulana

Nusantaratv.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bakal memimpin sementara pemerintahan selama Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan sejumlah kunjungan kerja ke luar negeri.

"Selama saya di luar negeri, pemerintahan akan dipimpin oleh Bapak Wakil Presiden," ujar Jokowi dalam konferensi pers jelang melakukan sejumlah kunjungan luar negeri, Minggu (26/6/2022). 

Jokowi bakal melakukan kunjungan ke empat negara dalam perjalan ke luar negara. Pertama, Jokowi akan menuju ke Jerman untuk menghadiri KTT G7.

Lalu, Jokowi akan bertolak ke Ukraina untuk bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Selanjutnya, Jokowi akan menuju Rusia untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam kunjungan di dua negara itu, Jokowi membawa misi perdamaian Ukraina.

"Terakhir saya akan berkunjung ke UEA untuk melanjutkan kembali pembahasan kerja sama ekonomi dan investasi antara Indonesia dan UEA," jelas Jokowi.

Jubir Wapres Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi, mengatakan tidak ada persiapan khusus yang dilakukan Ma'ruf Amin karena sudah sering kali menjadi pemimpin nasional saat Jokowi berkunjung ke luar negeri.

"Tidak ada persiapan khusus, karena sudah beberapa kali Presiden bepergian keluar negeri dan Wakil Presiden secara otomatis akan menjadi pimpinan nasional pengganti Presiden," ujar Masduki Baidlowi, Minggu (26/6/2022). 

Masduki menjelaskan, saat ini rutinitas yang tengah dijalankan adalah rapat koordinasi dengan para menteri koordinator dan kementerian terkait untuk membahas sejumlah permasalahan. Bukan hanya itu, Ma'ruf pun akan memimpin rapat terbatas selama Jokowi ada di Eropa.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Cacar monyet-1660563059
KPK-1660561007