Wapres Ma'ruf ke Kampus: Jangan Hasilkan Lulusan Cuma Paham Teori

Nusantaratv.com - 11 Maret 2022

Wapres Ma'ruf Amin.
Wapres Ma'ruf Amin.

Penulis: Mochammad Rizki

​​​​​Nusantaratv.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta perguruan tinggi seluruh Indonesia tak sekadar menghasilkan lulusan yang hanya paham teori semata. Tapi juga hasilkan lulusan yang punya kemampuan pemecahan masalah di tengah masyarakat.

Permintaan ini disampaikan dalam acara dialog nasional 'Manajemen Talenta Perguruan Tinggi Universitas Andalas' Kamis (10/3/2022).

"Perguruan tinggi diharapkan menghasilkan lulusan yang tidak saja memiliki pemahaman teoritis, tetapi juga memiliki kapasitas problem solving dan reasoning, sehingga mampu menjawab permasalahan nyata di masyarakat dengan ilmu yang dimilikinya," ujar Ma'ruf.

Atas itu, Ma'ruf mengusulkan agar kampus peka memperhatikan tren di masa depan guna mempersiapkan lulusannya siap hadapi tantangan di kemudian hari. Ia juga berharap perguruan tinggi harus berjalan beriringan dan mengakar di masyarakat.

Dirinya pun menegaskan, perguruan tinggi memiliki peran strategis dalam membangun talenta unggul nasional. Kampus, kata dia, diharapkan tidak lagi sebatas tempat terjadinya transfer ilmu. Melainkan sebagai tempat mengolah, mengasah, menguatkan, dan mengembangkan potensi keilmuan mahasiswa.

"Serta mengasah karakter mahasiswa sehingga menjadi SDM yang inovatif dan berdaya saing global," tuturnya.

Ma'ruf juga meminta perguruan tinggi dapat menyediakan ruang bagi mahasiswa untuk terus mengembangkan bakat, kemampuan, dan keahliannya. Harapannya, lulusan perguruan tinggi dapat memilih jalan karir atau profesi yang sesuai dengan talentanya.

"Sehingga siap menghasilkan karya nyata yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, bahkan juga dunia," jelasnya.

Dalam upaya mengembangkan talenta, Ma'ruf berharap perguruan tinggi melakukan perbaikan. Ia mengutip ajaran Islam bahwa harus melakukan upaya perbaikan yang lebih baik, yang lebih baik, yang lebih baik secara berkelanjutan.

Ma'ruf memandang, kolaborasi antar perguruan tinggi dengan pemerintah, masyarakat serta dunia usaha harus terus dibangun dan diperkuat.

"Sehingga mampu menciptakan ekosistem yang ideal bagi tumbuhnya bibit-bibit talenta nasional," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])