Wamenhan M. Herindra Tinjau Panen Raya Food Estate di Merauke Papua Selatan

Nusantaratv.com - 18 April 2024

Wamenhan M. Herindra di Merauke Papua SelatanĀ (ist)
Wamenhan M. Herindra di Merauke Papua SelatanĀ (ist)

Penulis: Adiansyah | Editor: Tasya Paramitha

Nusantaratv.com - Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia, M. Herindra melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Merauke Provinsi Papua Selatan, Rabu, 17 April 2024.

Kunjungan Wamenhan dalam agenda meninjau jalannya Panen Raya Padi di lahan Distrik Semangga (17,630.67 Ha), merupakan salah satu Kawasan Sentral Produksi Pangan (KSPP) I Greater Merauke. 

Setibanya di Bandara Mopah Merauke, Wamenhan disambut oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Bupati Merauke Romanus Mbaraka, dan Pangdam XVII/ Cendrawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan. 

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pertanian memakaikan topi adat Papua kepada Wamenhan M. Herindra sebagai simbolis diterimanya di tanah Papua. 

Di tengah hujan lebat, Menteri Pertanian bersama Wamenhan meninjau panen raya padi dan turun langsung ke area sawah yang akan dipanen. 

Kemudian saat memanen padi, digunakan alat mekanisasi pertanian, berupa combine harvester yang kemudian masuk pada proses pencacah gabah. 

“Wah ini penuh berkah luar biasa. Pak Wamen, beliau turun ke lapangan tidak mengenal hujan. Pantang mundur, demi swasembada ke depan,” ujar Menteri Pertanian. 

Wamenhan M. Herindra kunjungi Merauke Papua Selatan (ist)

“Terima kasih Pak Mentan. Ini kita di Merauke sedang melaksanakan panen raya,  lambang yang terkuat padi, dalam rangka ketahanan pangan. Mudah-mudahan ke depan Indonesia dapat berswasembada pangan,” imbuh Wamenhan.   

Dalam hal ini, Kementerian Pertahanan sangat mendukung terwujudnya ketahanan pangan nasional yang diawali dengan pembentukan sentra-sentra lumbung pangan, salah satunya di Merauke.

Sementara, dilakukannya pembangunan lumbung pangan Merauke mencakup peningkatan industrialisasi pertanian melalui pembangunan pabrik-pabrik pengolahan hasil pertanian. 

Tak hanya itu, pengelolaan hasil panen serta pembentukan badan cadangan logistik strategis menjadi rangka menciptakan ketahanan pangan.

Dalam kunjungannya ke Merauke tersebut, Wamenhan M. Herindra didampingi oleh Asisten Khusus Menhan Bidang Ketahanan Pangan, Letjen TNI (Purn) Ida Bagus Purwalaksana, Asisten Khusus Wamenhan Brigjen TNI (Purn) Rosdianto. 

Kemudian ada Ketua Satgas Percepatan Matra Darat Letjen TNI (Purn) Putranto, Kepala Cadangan Logistik Strategis Kemhan RI Brigjen TNI Heru Sudarminto, dan Karo Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])