Wali Kota Ajak Kader "Ngider Sehat" Tingkatkan Tindakan Promotif

Nusantaratv.com - 25/01/2023 15:43

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie. ANTARA
Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie. ANTARA

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengajak kader "Ngider Sehat" meningkatkan tindakan preventif maupun promotif kesehatan agar tercipta masyarakat yang sehat dan unggul.

“'Ngider Sehat' dibentuk untuk menjamin kesehatan masyarakat. Dulu kita menunggu orang sakit datang ke puskesmas kini harus berubah perspektifnya kita yang datang ke mereka,” ujar dia dalam keterangan diterima di Tangerang, Rabu.

Ia menjelaskan Kota Tangerang Selatan menjadi wilayah strategis yang berbatasan dengan berbagai kabupaten dan kota sekitarnya tetapi memiliki potensi wilayah yang tersebar penyakit.

Oleh karena itu, kata dia, harus ada kebersamaan dalam menggencarkan tindakan edukasi dan mengoptimalkan pelayanan kesehatan.

Wali Kota Benyamin juga mengingatkan "Ngider Sehat" untuk terus mengikuti perkembangan zaman modern dan membantu pemerintah kota mendukung program peningkatan kesehatan.

“Pemerintah jangan ketinggalan, kita adopsi sistem marketing (pemasaran) modern datangi warga. Yuk sama-sama bantu saya dengan Bang Pilar untuk mengampanyekan 'Ngider Sehat',” ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan memperluas program "Ngider Sehat" hingga tingkat rukun warga (RW) untuk memperluas cakupan layanan kesehatan bagi masyarakat setempat.

Program unggulan "Ngider Sehat" merupakan layanan petugas kesehatan yang turun langsung ke masyarakat untuk melakukan pengecekan kesehatan.

Saat ini, lanjutnya, kurang lebih 90 petugas "Ngider Sehat" yang terdiri atas bidan dan perawat atau tenaga medis. Para petugas tersebut dibekali dengan sepeda motor dan alat-alat kesehatan untuk berkeliling melakukan pengecekan kesehatan masyarakat.

Oleh karena program ini bermanfaat dan langsung dirasakan masyarakat, katanya, rencananya petugas "Ngider Sehat" ada di setiap RW.

"Artinya, tim 'Ngider Sehat' ini datang ke masyarakat yang bisa ditangani di lokasi ya ditangani langsung. Tapi, yang tidak bisa ditangani harus kita rujuk," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in