Walau Beracun, Tanaman Dolar Banyak Memberi Manfaat

Nusantaratv.com - 14 Oktober 2021

Tanaman Dolar (net)
Tanaman Dolar (net)

Penulis: Alamsyah | Editor: Alamsyah

Nusantaratv.com - Salah satu cara mendapatkan tambahan uang yakni dengan berbudi daya tanaman hias. Tanaman hias yang terdiri dari bunga, daun, pohon, buah dan akar, dapat memberi manfaat ekonomi tentunya.

Selain manfaat ekonomi, berbudi daya tanaman hias juga dapat memberi manfaat kesehatan. Tanaman hias memiliki manfaat kesehatan melalui kandungan kimia yang ada di dalamnya.

Selain memberikan manfaat ekonomi dan kesehatan, beberapa tanaman hias juga memiliki kandungan racun yang dapat merugikan orang.

Sebut saja salah satunya tanaman Dolar. Tanaman berbahasa latin Zamioculcas Zamifolia itu disebut memiliki kandungan racun.

Adapun racun yang ada pada tanaman Dolar itu bisa membuat kulit iritasi dan gatal-gatal karena mengandung senyawa Oksalat.

Senyawa oksalat, mengutip laman alodokter.com disebut berikutnya sebagai asam oksalat atau oxalic acid adalah senyawa organik yang ditemukan di dalam berbagai tumbuhan.

Adapun jenis tumbuhan yang mengandung asam oksalat itu terdiri antara lain, sayuran, kacang-kacangan, buah, gandum, kakao dan masih ada lainnya.

Jika senyawa oksalat itu berlebihan di dalam tubuh, laman ini menulis beberapa risiko jika terkena senyawa tersebut.

Disebutkan bahwa senyawa oksalat bisa meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal, menghambat penyerapan nutrisi, menyebabkan hiperoksaluria serta menimbulkan efek interaksi obat.

Kendati mengandung racun, tanaman Dolar tetap banyak ditanam orang. Orang meyakini jika tanaman Dolar memiliki lebih banyak manfaat daripada risiko keracunan yang ditimbulkan melalui getahnya.

Lalu apa saja manfaat tanaman Dolar itu? Mengutip dari berbagai laman, tanaman ini disebut-sebut bisa mengobati sakit diare, melancarkan buang air besar, sebagai antibakteri, menjaga imunitas tubuh, menyehatkan usus,  sebagai antioksidan, mengatasi mencret, mengobati wasir serta melancarkan pencernaan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])