Wajah Masa Depan Kota Tua Jakarta

Nusantaratv.com - 29/11/2022 05:04

Wisata Kota Tua
Wisata Kota Tua

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Kota Tua Jakarta tak seperti dulu, kini telah bertransformasi dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Kawasan ini menawarkan berbagai destinasi wisata yang bisa dinikmati oleh para pengunjung, baik warga Jakarta atau luar Kota Jakarta. Lalu, seperti apakah perkembangan Kota Tua Jakarta dari dulu hingga kini?

Kota Tua menjadi destinasi wisata yang populer untuk disambangi hingga saat ini, atau sekedar melepas penat saat berkunjung ke Ibu Kota. Sebagai salah satu destinasi wisata favorit warga Jakarta saat akhir pekan, kawasan ini tak pernah sepi pengunjung walaupun masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Mengutip informasi dari unggahan Instagram Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Jumat (11/11/2022), penataan kawasan ini telah selesai dikerjakan dan sudah kembali dibuka untuk wisatawan sejak 11 September 2022 lalu.

“Banyaknya kisah sejarah, kearifan lokal, hingga warisan bangunan yang masih berdiri dari berbagai periode zaman, menjadikan Kota Tua sebagai destinasi wisata yang digemari oleh banyak wisatawan domestik maupun mancanegara,” tulis akun tersebut.

Tak ada yang meragukan keindahan Kota Tua Jakarta yang terkenal dengan banyaknya peninggalan bersejarahnya. Sedari dulu daya tarik kawasan ini tak pernah habis, bahkan sejak direvitalisasi semakin banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi. 

Dalam revitalisasi tersebut, kawasan wisata Kota Tua telah ditetapkan sebagai zona rendah emisi atau Low Emission Zone (LEZ) sejak tahun 2021 lalu. Diantaranya Jalan Kemukus, Jalan Ketumbar, Jalan Lada Raya, Jalan Lapangan Stasiun, Jalan Bank, dan Jalan Kali Besar. Selanjutnya, akan dilaksanakan penataan di Jalan Kunir supaya jalan-jalan yang mengelilingi kawasan itu bisa saling terhubung dengan konsep LEZ.

Salah seorang petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Budi mengatakan kawasan rendah emisi hanya dapat dilalui oleh pejalan kaki, pesepeda, angkutan umum, dan kendaraan khusus yang sudah lulus uji emisi. 

“Hanya beberapa kendaraan saja yang diijinkan melintas, sehingga udara di sekitar kawasan Kota Tua cukup bersih dan tidak terganggu oleh emisi kendaraan,” katanya sambil bertugas menjaga palang pintu kawasan Kota Tua, Sabtu (12/11/2022).

Ia mengingat, Gubernur DKI Jakarta saat itu, Anies Baswedan mengatakan revitalisasi kawasan Kota Tua dirancang untuk menghadirkan tempat wisata yang memanusiakan pejalan kaki, berorientasi pada mobilitas yang aktif dan setara untuk semua, serta ramah lingkungan. 

Berkunjung ke Kota Tua kita akan disuguhkan kawasan baru yang mewakili Jakarta masa depan. Mulai di tempat ini pengunjung dapat melihat kawasan yang memprioritaskan pejalan kaki, naik kendaraan umum, tanpa kendaraan pribadi, sehingga memunculkan rasa kesetaraan.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Mumi Tertua-1674881622
Persahabatan-1674727328