Volvo Niat Punya Kendaraan Otonom Berbasis Lego

Nusantaratv.com - 29 Oktober 2021

Volvo punya kendaraan otonom berbasis Lego. (Engadget)
Volvo punya kendaraan otonom berbasis Lego. (Engadget)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Volvo berniat menghadirkan teknologi self-driving atau mobil otonom ke kru konstruksi.

Namun, produsen mobil asal Swedia itu menghadirkan hal yang tidak biasa, yakni dengan menggunakan sistem kendaraan otonom mirip mainan anak-anak, seperti dikutip dari Engadget, Jumat (29/10/2021).

Volvo dikabarkan telah meluncurkan model purwarupa mobil pengangkut otonom, LX03, yang memiliki basis model Lego - 42081 Lego Technic Concept Wheel Loader Zeux.

Alat berat ini dapat mengangkat beban hingga 5 ton dan dapat membuat keputusan sendiri dalam berbagai situasi, termasuk kerja sama tim dengan pekerja manusia.

Mesin pengangkut otonom LX03 juga memiliki desain modular unik. Volvo dapat membuat 'hanya satu atau dua perubahan' untuk menghasilkan pengangkut ini berbentuk lebih besar atau lebih kecil sehingga bisa memenuhi permintaan pelanggan. 

Baca Juga: Airbag Bermasalah, Ribuan Volvo V70 dan XC70 Produksi 2000-2008 Kena Recall

Kendaraan pengangkut ini memiliki tenaga yang berasal dari baterai. Baterainya sendiri diklaim mampu bertahan hingga delapan jam, tergantung pada pekerjaan muatan yang dilakukannya.

Model purwarupa ini tidak menunjukkan model produksi. Namun, ini mewakili tahap selanjutnya dalam upaya Volvo untuk mengeksplorasi AI dan mengurangi jejak karbon dalam konstruksi. 

Tidak dapat disangkal jika memproduksi kendaraan yang nyata dan berfungsi penuh berdasarkan sistem mainan plastik adalah daya tarik yang tidak biasa, terutama ketika kendaraan itu dapat mengantarkan masa depan yang menjauhkan manusia dari tugas-tugas berbahaya dan monoton.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])