Volodymyr Zelenskyy: Serangan Rusia Telah Menewaskan Sekitar 14.000 Orang Ukraina dalam 8 Tahun Terakhir

Nusantaratv.com - 15 April 2022

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. (Reuters)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Rusia Volodymyr Zelenskyy mengatakan serangan Rusia telah menewaskan sekitar 14.000 warga Ukraina dalam delapan tahun terakhir.

"Serangan itu tidak dimulai pada 24 Februari tetapi telah berlanjut sejak 2014," kata Zelenskyy dalam sebuah pesan vide, pada Kamis (14/4/2022), dikutip dari Anadolu Agency.

Dia menilai Rusia telah mengubah Krimea menjadi pangkalan militer besar dan Laut Hitam dan Azov menjadi salah satu wilayah paling berbahaya di planet ini. "Keheningan dunia atas apa yang telah terjadi di Ukraina sejak 2014 mendorong Rusia untuk melancarkan serangan ke negara itu pada 24 Februari," tambahnya.

Diketahui, setidaknya 1.964 warga sipil telah tewas dan 2.613 terluka di Ukraina sejak Rusia melancarkan perang, menurut perkiraan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dengan menyebut angka tersebut sebenarnya diyakini jauh lebih tinggi.

"Lebih dari 4,7 juta warga Ukraina telah melarikan diri ke negara lain, dengan lebih dari 7 juta lebih pengungsi internal," kata badan pengungsi PBB (UNHCR).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])