Viral! Warga Aceh Gotong Keranda Terjang Arus Sungai ke Pemakaman Karena Tak Ada Jembatan

Nusantaratv.com - 15 November 2021

Warga Aceh gotong keranda sambil menyebrangi sungai berarus deras menuju pemakaman/ist
Warga Aceh gotong keranda sambil menyebrangi sungai berarus deras menuju pemakaman/ist

Penulis: Ramses Manurung

Banda Aceh, Nusantaratv.com-Sebuah video yang memperlihatkan sejumlah warga menggotong keranda jenazah sambil menyebrangi sungai berarus deras, viral di media sosial. Mereka berjalan perlahan menerjang arus sungai menuju pemakaman. Beberapa warga tampak menunggu di seberang sungai. Peristiwa miris itu terjadi di Desa Pulo Mesjid II di Kecamatan Tangse, Pidie, Aceh

"Video itu direkam waktu pemakaman seorang remaja pada hari Jumat kemarin. Dia meninggal Kamis sore," kata Imam Mukim Pulo Mesjid, Teungku Hasyimi, Senin (15/11/2021).

Karena tak ada jembatan, beber Hasyimi, warga harus menerjang arus sungai selebar 25 meter untuk sampai ke lokasi pemakaman umum. Aliran sungai menjadi satu-satunya akses menuju lokasi pemakaman umum. 

"Kalau musim hujan airnya bisa mencapai 2 meter, tapi kemarin itu di bawah 1 meter," ungkap Hasyimi, mengutip detikcom.

Hasyimi menyebutkan warga di sana sudah puluhan tahun menggotong jenazah melewati sungai untuk dibawa ke tempat pemakaman. Pemakaman di sana sudah ada sejak 1960-an.

Baca juga: Kapolri ke Anak Buah: Jangan Tunggu Masalah Viral Baru Bergerak!
 
"Ratusan jenazah sudah dimakamkan di sana, ke depan juga akan dimakamkan di sana karena nggak ada tempat lain," ujarnya.

"Memang itu bukan sebuah hal yang baru, jadi sudah lama berjalan seperti itu. Sampai sekarang belum ada korban hanyut saat membawa jenazah," imbuhnya.

Ia menambahkan warga sudah mencoba membuat jembatan dari pohon kelapa tetapi tidak bertahan lama. 

Hasyimi berharap pemerintah membangun jembatan agar memudahkan warga membawa jenazah. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])