Varian Omicron Mengancam, Ribuan Penerbangan Global Saat Natal Dibatalkan

Nusantaratv.com - 25 Desember 2021

Maskapai penerbangan komersial di seluruh dunia telah membatalkan lebih dari 4.300 penerbangan selama akhir pekan Natal. (Dallas Morning News)
Maskapai penerbangan komersial di seluruh dunia telah membatalkan lebih dari 4.300 penerbangan selama akhir pekan Natal. (Dallas Morning News)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Maskapai penerbangan komersial di seluruh dunia telah membatalkan lebih dari 4.300 penerbangan selama akhir pekan Natal.

Hal ini diakibatkan gelombang infeksi Covid-19 yang meningkat serta didorong varian Omicron hingga menghadirkan ketidakpastian dan kesengsaraan yang lebih besar bagi wisatawan yang ingin liburan.

Menurut penghitungan berjalan di situs pelacakan penerbangan FlightAware.com, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (25/12/2021), maskapai penerbangan secara global membatalkan setidaknya 2.366 penerbangan pada Jumat (24/12/2021), yang bertepatan dengan Malam Natal dan biasanya merupakan hari yang berat untuk perjalanan udara. 

Selain itu, hampir 9.000 penerbangan ditunda. Situs web menunjukkan 1.616 penerbangan pada hari Natal di batalkan di seluruh dunia, bersama dengan 365 lainnya yang telah dijadwalkan pada Minggu (26/12/2021). Lalu lintas udara komersial di Amerika Serikat (AS) dan ke dalam atau ke luar negeri menyumbang sekitar seperempat dari semua penerbangan yang dibatalkan selama akhir pekan, data FlightAware menunjukkan.

Di antara operator AS pertama yang melaporkan gelombang pembatalan liburan akhir pekan adalah United Airlines dan Delta Air Lines, yang membatalkan hampir 280 penerbangan gabungan pada Jumat (24/12/2021), dengan alasan kekurangan personel di tengah lonjakan infeksi Covid-19.

Infeksi Covid-19 telah melonjak di AS dalam beberapa hari terakhir karena varian Omicron yang sangat menular, yang pertama kali terdeteksi pada November dan saat ini menyumbang hampir tiga perempat kasus di AS dan sebanyak 90 persen di beberapa daerah, seperti pesisir timur.

Jumlah rata-rata kasus baru Covid-19 di AS telah meningkat 45 persen menjadi 179.000 per hari selama sepekan terakhir, menurut penghitungan Reuters. New York melaporkan lebih dari 44.000 infeksi yang baru dikonfirmasi pada Jumat (24/12/2021). Jumlah ini memecahkan rekor harian negara bagian itu. 

Meningkatnya rawat inap memukul sistem perawatan kesehatan terutama keras di Midwest AS, dengan unit perawatan intensif di Indiana, Ohio dan Michigan bersiap untuk yang terburuk bahkan ketika mereka tetap di bawah tekanan dari gelombang sebelumnya dari kasus varian Delta.

Di Inggris, banyak industri dan jaringan transportasi berjuang dengan kekurangan staf karena pekerja yang sakit diisolasi, sementara rumah sakit telah memperingatkan risiko dampak pada keselamatan pasien.

Satu dari 20 warga London terserang Covid-19 pada pekan lalu, angka yang bisa meningkat menjadi satu dari 10 pada awal pekan depan, menurut data yang dirilis pada Kamis (23/12/2021) oleh Kantor Statistik Nasional. 

Data pemerintah menunjukkan rekor penghitungan 122.186 infeksi baru secara nasional pada Jumat (24/12/2021), menandai hari ketiga di mana jumlah kasus yang diketahui telah melampaui 100.000.

Sementara penelitian terbaru menunjukkan Omicron menghasilkan penyakit yang lebih ringan, dan tingkat rawat inap yang lebih rendah, dibandingkan varian Covid-19 sebelumnya, pejabat kesehatan telah mempertahankan catatan yang hati-hati tentang prospek tersebut.

"Ada secercah harapan Natal, tapi itu jelas belum pada titik di mana kita bisa menurunkan ancaman serius itu," kata Jenny Harries, Kepala Badan Keamanan Kesehatan Inggris kepada BBC.

Prancis mencapai rekor infeksi Covid-19 lainnya pada Jumat (24/12/2021), dengan penghitungan hariannya melebihi 94.000 sementara rawat inap akibat virus mencapai level tertinggi tujuh bulan, mendorong pemerintah untuk mengadakan pertemuan khusus pada Senin (27/12/2021) yang dapat memicu pembatasan kesehatan masyarakat yang baru.

Terlepas dari ketidakpastian dan berita suram di seluruh dunia, jutaan orang AS melanjutkan rencana perjalanan melalui musim liburan yang diselimuti pandemi kedua. Moses Jimenez, seorang akuntan dari Long Beach, Mississippi, terbang ke New York bersama istri dan tiga anaknya, meskipun arus kasus virus corona terbaru memupus harapan mereka untuk menonton pertunjukan Broadway 'Hamilton' atau mengunjungi beberapa museum.

'Hamilton' adalah satu dari selusin produksi yang membatalkan pertunjukan pekan ini karena para pemain dan kru dinyatakan positif Covid-19. Museum dicoret dari rencana perjalanan keluarga karena banyak yang kini memerlukan bukti vaksinasi dan dua anak yang lebih kecil tidak memenuhi syarat untuk pengambilan gambar.

Sebaliknya, Jimenez (33), mengatakan anak-anaknya akan melakukan yang terbaik untuk menjelajahi jalan-jalan dan taman kota, sambil juga melihat kerabat dan teman. "Kami hanya ingin keluar dari rumah, sungguh, membawa anak-anak ke kota untuk Natal," kata Jimenez kepada Reuters pada Kamis (23/12/2021) di Bandara LaGuardia New York.

New York berencana membatasi jumlah orang yang diizinkan masuk ke Times Square untuk perayaan Malam Tahun Baru tahunan di luar ruangan, sebagai tanggapan atas lonjakan kasus virus corona baru membatasi jumlah peserta 15.000.

Menurut Gedung Putih, pemerintahan Joe Biden akan mencabut pembatasan perjalanan di delapan negara Afrika Selatan (Afsel) pada pekan depan, yang diberlakukan bulan lalu karena kekhawatiran tentang varian Omicron. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])