Vaksinasi Covid-19 Sampai Berapa Dosis? Statusnya Belum Juga Berubah jadi Endemi

Nusantaratv.com - 04/07/2022 20:40

Petugas sedang memberikan vaksinasi covid-19/ist
Petugas sedang memberikan vaksinasi covid-19/ist

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com-Kurang lebih tiga tahun sudah dunia berjibaku menghadapi pandemi covid-19. Beruntung pengendalian virus yang diduga berasal dari Kota Wuhan, China ini semakin membaik. Namun demikian hingga kini statusnya belum berubah menjadi endemi. 

Salah satu kunci sukses pengendalian pandemi covid-19 di banyak negara termasuk Indonesia adalah vaksinasi covid-19. Di mana vaksin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh (antibodi) bagi masyarakat. Terbukti setelah mayoritas masyarakat Indonesia melakukan vaksinasi covid-19 mulai dari dosis satu hingga tiga atau booster, penyebaran virus corona di Tanah Air dapat ditekan. 

Lantas masyarakat harus melakukan vaksinasi covid-19 sampai berapa dosis?

Menurut Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr. Adib Khumaidi, SpOT bahwa vaksin bisa saja terus berlanjut. Selama masih ada kasus, seperti Covid-19.

"Sekarang apakah vaksin itu hal yang memang harus dirutinkan? Maka pada saat potensi itu masih ada pada saat kasus masih ada," ujar Dr Adib, Senin (4/7/2022).

"Upaya salah satu perlindungannya, tentu selain prokes dan kita tahu bahwa pembentukan antibodi. Kemudian munculnya antibodi, kemudian akhirnya perlu booster atau tidak," imbuhnya, mengutip okezonecom.

Menurutnya, belum ada yang tahu pasti bahwa kasus Covid-19 atau lainnya berlanjut sampai kapan. Sehingga vaksin jadi salah satu upaya melindungi, seperti vaksin hepatitis, berangkat haji dan sebagainya.

Dia pun menilai masih ada peluang untuk kasus terus berkembang. Untuk vaksin Covid-19, menurut Dr Adib bisa jadi rutin.

"Karena kita belum tahu kasus ini selesai atau masih berlangsung terus. Sehingga vaksin ini akab menjadi 1 dasar upaya untuk melindungi kita seperti vaksin-vaksin lain ada hepatitis atau vaksin berangkat haji itu," kata dr Adib.

"Kemungkinan munculnya beberapa kasus akan terjadi, terkait Covid-19 bukan tidak mungkin vaksin ini akan menjadi satu upaya yang jadi rutin dalam periode tertentu untuk diberikan," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Ilustrasi kopi-1660110337
“Untag Banyuwangi Bangga Berkebaya”.-1660060594
Baking soda-1660058621