Vaksin Pfizer-BioNTech Ampuh 90,7 Persen untuk Anak Usia 5-11 Tahun

Nusantaratv.com - 23 Oktober 2021

Vaksin Covid-19 Pfizer. (Net)
Vaksin Covid-19 Pfizer. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Vaksin Pfizer/BioNTech menunjukkan adanya kemanjuran 90,7 persen terhadap virus corona dalam uji klinis terhadap anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun.

Enam belas anak dalam uji coba yang telah terkena Covid-19, dibandingkan dengan 3 anak yang divaksinasi. Hal itu disampaikan Pfizer dalam dokumen pengarahan yang diserahkan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari Reuters, Sabtu (23/10/2021), uji klinis Pfizer pada mereka yang berusia 5 hingga 11 tahun sejatinya tidak dirancang untuk mengukur kemanjuran melawan virus. Sebaliknya, ia membandingkan jumlah antibodi penetral yang diinduksi oleh vaksin pada anak-anak dengan respons penerima yang lebih tua dalam uji coba dewasa.

Berdasarkan hasil tersebut, Pfizer dan BioNTech bulan lalu mengatakan jika vaksin Covid-19 mereka menginduksi respons kekebalan yang kuat pada anak-anak. Anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun diberi dua suntikan vaksin dosis 10 mikrogram, sepertiga dari ukuran dosis yang diberikan kepada orang berusia 12 tahun ke atas.

Penasihat luar untuk FDA dijadwalkan bertemu pada Selasa (26/10/2021) untuk memilih apakah akan merekomendasikan agar badan tersebut mengizinkan vaksin untuk kelompok usia tersebut. 

Staf FDA diharapkan mempublikasikan ulasan mereka tentang bukti yang diajukan oleh Pfizer pada Jumat (29/10/2021). Pfizer juga mengatakan pada Jumat (22/10/2021) jika mereka telah memperluas uji klinisnya untuk meningkatkan data keamanannya, lebih dari dua kali lipat jumlah anak yang terdaftar.

Menurut dokumen pengarahan, profil kejadian buruk pada kelompok anak-anak yang diperluas tidak menunjukkan masalah keamanan baru dari vaksin. Perusahaan telah mengatakan sebelumnya jika profil keamanan dalam kelompok usia umumnya sebanding dengan usia 16 hingga 25 tahun.

Vaksin Pfizer-BioNTech sudah memiliki otorisasi peraturan AS untuk orang yang berusia minimal 12 tahun, termasuk persetujuan penuh FDA pada bulan Agustus untuk mereka yang berusia 16 tahun ke atas.

Sekitar 190 juta orang di AS telah divaksinasi lengkap, termasuk lebih dari 11 juta yang berusia 12 hingga 17 tahun yang telah menerima vaksin Pfizer.

Jika FDA mengizinkan vaksin untuk anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun, maka sekelompok penasihat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) akan bertemu pada 2 dan 3 November untuk membuat rekomendasi kepada agensi tentang bagaimana suntikan harus diberikan. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])