Vaksin Covid-19 Pfizer Dipastikan Aman Bagi Anak Usia 5-11

Nusantaratv.com - 21 September 2021

Vaksin Covid-19 Pfizer. (Net)
Vaksin Covid-19 Pfizer. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Perusahaan obat Pfizer dan BioNTech mengatakan jika vaksin Covid-19 dosis rendah dari dua dosis buatannya, aman dan ampuh untuk diberikan pada anak-anak usia 5 hingga 11 tahun.

Dilansir dari VOA News, Selasa (21/9/2021), perusahaan asal Amerika Serikat (AS) dan mitranya di Jerman, BioNTech, mengatakan hasil uji coba menunjukkan vaksin itu dapat ditoleransi dengan baik dan kuat, serta sanggup menetralkan respons antibodi (kekebalan tubuh) pada tingkat dosis yang lebih rendah yang diperlukan bagi anak-anak yang berusia lebih muda.

Disebutkan sekitar 28 juta anak-anak AS termasuk dalam rentang usia tersebut, dan jutaan orang dewasa masih menolak untuk mendapatkan vaksinasi.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengungkapkan, jika lebih dari 181 juta orang telah divaksinasi penuh di negara Paman Sam itu, tetapi 70 juta lainnya berusia 12 tahun ke atas belum divaksinasi.

Pfizer mengatakan telah mempelajari dosis yang lebih rendah, yakni sepertiga dosis dewasa dalam uji coba yang diberikan kepada lebih dari 2.200 anak tingkat taman kanak-kanak (TK) dan siswa sekolah dasar (SD).

Baca Juga: Ini Strategi Jokowi Cegah Gelombang Baru Covid

Dua pertiga dari anak-anak diberi vaksin, dan sepertiga sisanya diberi suntikan air asin. Perusahaan obat itu mengatakan, anak-anak yang divaksinasi mengembangkan tingkat antibodi yang sama kuatnya dengan yang ditunjukkan oleh remaja dan dewasa muda.

Di mana keputusan untuk melanjutkan kembali pembelajaran tatap muka di sekolah di tengah Covid-19 varian Delta yang merebak luas di seluruh wilayah AS, membuat para orang tua merasa cemas. Kondisi ini membuat para orang meminta agar pejabat kesehatan pemerintah menyetujui vaksin untuk anak-anak mereka. 

Dibandingkan dengan orang tua, anak-anak berisiko lebih rendah terkena penyakit parah atau kematian akibat Covid-19, tetapi lebih dari 5 juta anak di AS telah dinyatakan positif virus corona, dan setidaknya 460 telah meninggal, menurut data dari Perhimpunan Dokter Anak Amerika (American Academy of Pediatrics).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])