UI Raih 7 Gelar Juara Dalam Gemastik XV Kemendikbudristek

Nusantaratv.com - 25/11/2022 14:05

Mahasiswa Fasilkom UI meraih 7 gelar juara dalam Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) XV yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek. (ANTARA/Foto: Humas UI)
Mahasiswa Fasilkom UI meraih 7 gelar juara dalam Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) XV yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek. (ANTARA/Foto: Humas UI)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) meraih 7 gelar juara dalam Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) XV yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Dekan Fasilkom UI Dr. Ir. Petrus Mursanto, di Kampus UI Depok, Jumat, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap prestasi tersebut. Kolaborasi dan kerja sama yang terjalin antara mahasiswa dan dosen pembimbing membuat berbagai karya dan inovasi lahir untuk mendukung percepatan pemulihan pascapandemi COVID-19.

"Selamat atas prestasi yang berhasil diraih oleh para mahasiswa kami pada Gemastik XV. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para dosen pembimbing dan pendamping yang telah memberikan arahan kepada mahasiswa sehingga prestasi ini bisa diraih. Semoga semangat ini dapat terus dipertahankan dan tahun depan kita bisa lebih baik lagi," ujar Petrus.

UI berhasil meraih Juara I dalam cabang Cyber Security, Juara I dan II dalam cabang Data Mining, Juara I dan II dalam cabang Programming, Juara II dalam cabang UX Design, dan Juara III dalam cabang Smart Device, Embedded System & IoT.

Tahun ini, penyelenggaraan ajang Gemastik XV bertajuk “TIK untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” dengan tujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia agar mampu berperan sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya.

Selain itu, program ini diharapkan dapat menjadi sarana pendukung demi terciptanya inovasi di bidang teknologi, khususnya TIK yang berdampak bagi masyarakat luas.

Dalam kejuaraan ini ada 11 cabang yang dilombakan, baik berupa format pertandingan maupun kompetisi karya. Sebelas cabang lomba tersebut adalah Pemrograman (Programming), Keamanan Siber (Cyber Security), Penambangan Data (Data Mining), Desain Pengalaman Pengguna (UX Design), Animasi (Animation), Kota Cerdas (Smart City).

Selain itu, lomba Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper), Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development), Piranti Cerdas, Sistem Benam & IoT (Smart Device, Embedded System & IoT), Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development), dan Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development).

Pada kompetisi ini, UI mengikutsertakan 7 tim mahasiswa Fasilkom UI beranggotakan 21 orang dan 7 pembimbing yang terlibat dalam kejuaraan ini. Masing-masing tim dibimbing oleh Amril Syalim, S.Kom., M.Eng., Ph.D.; Denny, S.Kom., M.I.T., Ph.D.; Dr. Eng. Laksmita Rahadianti, S.Kom., M.Sc.; Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D.; Denny, S.Kom., M.I.T., Ph.D.; Ari Wibisono, S.Kom., M.Kom.; dan Dr. Eng. Laksmita Rahadianti, S.Kom., M.Sc.

Adapun 21 mahasiswa yang merupakan anggota dalam 7 tim tersebut adalah Prajna, Gregorius Bhisma, Muhammad Faishol Amirul Mukminin, Pikatan Arya Bramajati, Abdul Rafi, Fernando Nathaniel Sutanto, Harakan Akbar, Mardianto, Daniel Syahputra Purba, Hafiz Bhadrika Alamsyah, Rayhan Maulana Akbar, Muhammad Raihan Andriqa, Mahartha Gemilang, Muflih Naufal Maxi, Arvin, Muhammad Haitsam Sidqy, Ketut Ivan Sridana, Juan Dharmananda Khusuma, Made Swastika Nata Negara, Bryan Tjandra, dan Nyoo Steven Christopher.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in