Truk Listrik Ini Pecahkan Guinness World Record

Nusantaratv.com - 13 September 2021

Truk listrik Futuricum. (Tangkapan layar)
Truk listrik Futuricum. (Tangkapan layar)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - DPD Swiss, Continental Tires, dan Futuricum mengungkapkan mereka berhasil meraih Guinness World Record untuk truk listrik mereka.

Rekor dunia itu dicetak untuk jarak terjauh yang ditempuh truk listrik Futuricum tanpa mengisi ulang daya, yakni sejauh 1.099 km, seperti dikutip dari Carscoops, Senin (13/9/2021).

Kendaraan menyelesaikan jarak di trek uji Continental sepanjang 2,8 km di dekat Hanover, Jerman. Dalam pengujian itu, tim menggunakan dua pembalap untuk membawa truk tersebut selama empat setengah jam. Mereka menyelesaikan 392 putaran oval dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam dalam 23 jam.

Direktur Strategi dan Inovasi di DPD Swiss, Marc Frank yang mengoperasikan kendaraan tersebut mengungkapkan perusahaan telah memutuskan untuk berinvestasi dalam mobilitas listrik pada tahap awal.

"Truk Futuricum telah melakukan perjalanan antara depot di Möhlin dekat Basel ke pusat distribusi di Buchs/Zurich selama sekitar enam bulan sekarang," kata Frank.

Truk 19-ton menghasilkan 680 hp dan memiliki kapasitas baterai 680 kWh, yang terbesar dari semua kendaraan serupa di Eropa. Tuk listrik ini juga menggunakan ban berefisiensi tinggi dan hambatan bergulir rendah berkat ban dari Continental.

Sejumlah perusahaan kini sedang berusaha meluncurkan truk listrik. Pada 2017, truk dan bus berat menyumbang sekitar 19 persen dari semua emisi gas rumah kaca sektor transportasi UE, menjadikannya target bagi mereka yang ingin menghadapi krisis iklim.

Sejauh ini, Volvo dan Mercedes-Benz membawa truk listrik mereka sendiri ke pasar, kompetisi ini untuk membuktikan jika kendaraan listrik juga dapat melakukan apa yang dilakukan oleh truk-truk konvensional saat ini.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])