Tragedi di Hari Natal, 30 Orang Tewas Dibakar di Myanmar

Nusantaratv.com - 25 Desember 2021

Aksi pembakaran marak terjadi di Myanmar/ist
Aksi pembakaran marak terjadi di Myanmar/ist

Penulis: Ramses Manurung

Kayah, Nusantaratv.com-Bertepatan dengan momen perayaan Natal 2021, terjadi pembantaian sadis di negara bagian Kayah, Myanmar. Dilaporkan sebanyak 30 orang tewas dan tubuh mereka dibakar. 

Fakta menyedihkan itu diungkap Kelompok hak asasi manusia (HAM) Karenni, pada Sabtu (25/12/2021). Mereka menemukan mayat orang-orang terlantar yang terbakar, termasuk orang tua, perempuan, dan anak-anak. Mereka dibunuh oleh militer yang memerintah Myanmar, dekat desa Mo So di Kota Hpruso.

"Kami sangat mengecam pembunuhan tidak manusiawi dan brutal yang melanggar ham," kata kelompok itu dalam sebuah unggahan di Facebook.

Pasukan Pertahanan Kebangsaan Karenni menyatakan para korban tewas bukan anggota mereka melainkan warga sipil yang mencari perlindungan dari konflik. Pasukan Pertahanan Kebangsaan Karenni adalah salah satu dari beberapa milisi sipil terbesar yang menentang junta yang memimpin kudeta 1 Februari 2021.

"Kami sangat terkejut melihat semua mayat dengan ukuran berbeda, termasuk anak-anak, perempuan, dan orang tua," kata seorang komandan dari kelompok itu.

Baca juga: Pasukan Keamanan Myanmar Tabrak Pengunjuk Rasa, 5 Orang Tewas

Seorang warga yang minta identitasnya dirahasiakan mengaku mengetahui kebakaran pada Jumat (24/12) malam. Namun, ia tak bisa pergi ke tempat kejadian karena ada penembakan.

"Saya pergi melihat pagi ini. Saya melihat mayat yang telah dibakar, pakaian anak-anak, dan perempuan berserakan," ungkapnya, mengutip CNNIndonesiacom.

Situasi di Myanmar saat ini dilanda kekacauan usai kudeta militer menggulingkan pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi hampir 11 bulan lalu.

Mayoritas warga sipil marah dengan kudeta tersebut. Banyak kekuatan perlawanan lokal bermunculan di seluruh wilayah Myanmar.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])