Toyota Hadirkan GR Yaris Bertenaga Hidrogen

Nusantaratv.com - 04/12/2021 11:49

Toyota GR Yaris Hidrogen. (Toyota)
Toyota GR Yaris Hidrogen. (Toyota)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Toyota baru-baru ini menghadirkan GR Yaris dengan teknologi mesin pembakaran hidrogen.

Dikutip dari laman resmi Toyota, Sabtu (4/12/2021), produsen mobil asal Jepang itu diketahui sedang gencar dalam pengembangan bahan bakar baru yang lebih ramah lingkungan.

Toyota juga pernah bereksperimen dalam mengikuti balap menggunakan Toyota Corolla di Super Taikyu 24-Hour pada Mei lalu. Hal itu dilakukan demi menunjukkan jika tenaga hidrogen juga mampu bersaing di ajang balap ketahanan.

Toyota sendiri masih menggunakan mesin yang sama yakni mesin 1.600 cc konfigurasi 3 silinder turbocharger berkode G16E-GTS. Hanya bahan bakarnya yang berbeda.

Selain lebih efisien, menurut Toyota, hidrogen bisa mengurangi emisi untuk lingkungan. Lebih dari itu, hidrogen lebih cepat terbakar sehingga mesin jauh lebih responsif.

Toyota mengungkapkan lebih efisien melakukan konversi dari mesin konvensional ke hidrogen dibandingkan melakukan pengembangan mesin baru khusus hidrogen layaknya Toyota Mirai.

Di sisi lain, guna mencapai netralitas karbon, Toyota telah memperkuat upayanya, seperti mempromosikan penggunaan hidrogen dengan mempopulerkan FCEV dan berbagai produk bertenaga sel bahan bakar lainnya.

Akio Toyoda, Presiden Toyota Motor Corporation mengatakan, perusahaan telah mengambil langkah pertama untuk bersaing dan mengembangkan mesin bertenaga hidrogen dengan pola pikir menghadapi tantangan.

"Saya membayangkan segalanya akan terlihat sedikit berbeda 10 tahun dari sekarang, dan saya berharap orang-orang akan melihat ke belakang dan melihat bagaimana kami menghadapi tantangan dengan positif dan menikmati setiap momennya," ujar Akio Toyoda.
 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in