Toleransi yang Terjadi Saat Selebrasi

Nusantaratv.com - 01 Maret 2024

Selebrasi gol skuad Bali United
Selebrasi gol skuad Bali United

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Bali United selalu memberikan warna dalam keindahan sepak bola Indonesia dan menjadi salah satu klub modern yang terus mengalami perkembangan.

Hal terbaru yang terjadi adalah saat momentum perayaan gol atau selebrasi yang dilakukan oleh sejumlah pemain Bali United dari sudut garis lapangan setelah unggul dari Persis Solo hari Kamis (29/2) malam.

Beberapa pemain melakukan ucap syukur sesuai kepercayaan atau agama yang dianut mereka tanpa membawa kepentingan pribadi dalam lapangan.

Beberapa pemain tersebut tertangkap kamera dari sudut lapangan dengan kepercayaan masing-masing, ada yang bersujud, menengadah ke langit, dan mengatup kedua tangan yang disejajarkan di atas dahi mereka.

Sontak kedamaian terlihat dari cara mengucap syukur beberapa pemain Bali United tersebut setelah unggul dari tamunya.

Selebrasi ini bukan kali pertama dan sudah sering dilakukan dalam beberapa kali momentum ketika suatu pertandingan dilakoni oleh Serdadu Tridatu.

Tentu khalayak pecinta sepak bola Indonesia masing ingat bagaimana selebrasi toleransi ini terjadi saat tahun 2017 silam.

Terlihat Miftahul Hamdi, Yabes Roni dan Ngurah Nanak tertangkap kamera saat mengucap syukur atas gol yang berhasil tercipta ke gawang Perseru Serui kala itu.

Pasca selebrasi toleransi itu mendunia, beberapa momentum lainnya juga kerap terjadi baik di musim 2018 hingga musim 2023/24 kali ini.

Toleransi sendiri memiliki makna adalah sikap saling menghargai satu sama lain dengan saling pengertian tanpa menaruh stigma buruk terhadap SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan).

Melalui selebrasi toleransi ini mengingatkan kita bahwa sepak bola bukan hanya sarana hiburan tetapi menjadi wadah mempersatukan sebagai sesama manusia yang saling menghargai.

Mudah-mudahan bukan hanya melalui selebrasi sepak bola saja, dalam kehidupan bersosialisasi nilai toleransi ini mampu dijaga dan diwariskan kepada generasi penerus yang akan datang.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])