Tito Terbitkan 2 Instruksi Terkait PPKM , Aturan Makin Longgar

Nusantaratv.com - 21 September 2021

Mendagri Tito Karnavian. (Net)
Mendagri Tito Karnavian. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan dua Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) terbaru terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). PPKM kali ini diberlakukan dengan sejumlah pelonggaran.

Inmendagri Nomor 43 Tahun 2021 mengatur tentang PPKM di Jawa dan Bali. Untuk PPKM di provinsi lainnya diatur lewat Inmendagri Nomor 44 Tahun 2021.

"Instruksi Menteri ini mulai berlaku pada tanggal 21 September 2021 sampai dengan tanggal 4 Oktober 2021," bunyi diktum ketujuh belas Inmendagri Nomor 43 Tahun 2021.

Untuk pertama kalinya sejak sistem level situasi diberlakukan, tidak ada daerah level 4 di Jawa dan Bali. Sementara itu, masih ada 10 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali yang berstatus level 4.

Sejumlah aturan longgar berlaku pada PPKM kali ini. Misalnya, anak di bawah usia 12 tahun boleh masuk mal. Aturan itu diuji coba diJakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Kemudian, pemerintah memperbolehkan restoran di ruang terbuka untuk beroperasi dengan kapasitas 50 persen. Mal di daerah level 3 di luar Jawa-Bali juga boleh beroperasi hingga 21.00.

Bioskop di Jawa-Bali juga boleh beroperasi dengan kapasitas 50 persen. Kali ini, warga berstatus kuning dan hijau di PeduliLindungi boleh masuk ke area bioskop Jawa-Bali.

Aturan-aturan lainnya dalam dua PPKM baru itu masih serupa dengan PPKM edisi sebelumnya. Misalnya, kewajiban kerja dari rumah 100 persen untuk sektor nonesensial di level 4 ataupun pembelajaran tatap muka 50 persen di daerah level 3 dan 2.

Sebelumnya, pemerintah melonggarkan sejumlah pembatasan di PPKM usai kasus Covid-19 mulai melandai. Pembukaan berbagai sektor dilakukan bertahap menyesuaikan kondisi penanganan pandemi Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])